Pemerintah Genjot Infrastuktur Telekomunikasi di Daerah

Telset.id, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menegaskan kebijakan keberpihakan pemerintah untuk menyediakan akses infrastruktur dan jaringan telekomunikasi yang memadai di seluruh Indonesia. Hal ini dinilai penting untuk meningkatkan pembangunan di berbagai daerah.

Untuk itu Menkominfo menghimbau supaya masyarakat di daerah-daerah bersabar menanti pembangunan infrastuktur dan jaringan telekomunikasi yang kini sedang digenjot oleh sejumlah instansi terkait.

“Kepada teman-teman, saudara, terutama di daerah yang infrastrukturnya belum memadai, jaringan telekomunikasinya belum memadai, tidak usah khawatir, pemerintah mempunyai kebijakan keberpihakan,” kata Rudiantara, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (28/05/2018).

Rudiantara menyatakan pembangunan akses telekomunikasi di daerah-daerah sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo untuk membangun Indonesia dalam konteks Indonesia sentris. Targetnya adalah selesainya pembangunan infrastruktur jaringan internet berkecepatan tinggi (broadband) pada akhir 2018.

“Nantinya semua kabupaten dan kota akan terhubung dengan jaringan tulang punggung yang bisa digunakan untuk operator menyediakan akses internet berkecepatan tinggi,” katanya.

Menteri Kominfo juga meminta supaya setiap warga dapat memanfaatkan internet dengan baik dan ikut mendorong perkembangan ekonomi digital. Salah satunya dengan mengembangkan bisnis yang memanfaatkan internet (e-commerce) ataupun membentuk perusahaan rintisan (startup).

Supaya program tersebut bisa terwujud, pemerintah melakukan berbagai kebijakan untuk mendorong peluang usaha di sektor ekonomi digital nasional. Salah satunya adalah membangun jaringan internet Palapa Ring sebagai jalan tol untuk akses telekomunikasi.

“Kalau yang ke kampung-kampung itu ada Palapa Ring, karena pengerjaannya berbiaya mahal, maka pemerintah yang bangun. Kemudian aksesnya akan lebih mudah dibuat oleh operator. Ini ibarat pemerintah membangun jalan tol dan operator membangun akses arteri jalan raya,” jelas dia.

Baca juga: Palapa Ring Buka Akses Internet Cepat di Indonesia Timur

Selain itu, Kominfo juga akan segera menanggapi jika ada pengaduan masyarakat terkait masalah jaringan telekomunikasi di daerah mereka, terutama di beberapa daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar). Dalam hal ini, kata dia, Kominfo bisa membangun menara BTS untuk memastikan jaringan telekomunikasi bisa digunakan.

Keberadaan infrastruktur dan jaringan internet kecepatan tinggi diharapkan mampu memberikan nilai tambah bagi warga. Selain itu Menkominfo meminta supaya operator memangkas tarif telekomunikasi untuk daerah 3T tersebut.

“Kebijakan keberpihakan pemerintah yang masuk diharapkan memberikan nilai tambah yang tinggi dan peluang usaha yang terbuka. Harusnya harganya bisa lebih murah. Pemerintah sudah memberikan diskon dengan membangun jaringan backbone Palapa Ring. Aku kasih diskon kau (operator) bikin murahlah harganya,” tukas Menkominfo. [WS/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here