Pemanasan 4.5G, XL Bangun “Xperience Zone”

Telset.id, Jakarta – Operator seluler XL Axiata telah mulai ancang-ancang untuk menggelar layanan 4.5G di Indonesia. Sebagai langkah awal, XL membangun “4.5G Xperience Zone” di sejumlah kota di Indonesia.

Progam pengembangan ini seiring dengan perluasan infrastruktur 4G LTE yang dilakukan XL di berbagai daerah, termasuk perluasan layanan 4.5G di kota-kota dengan jumlah pelanggan 4G LTE yang terus meningkat.

Menurut Sr. Advisor XL Center & Postpaid XL Axiata, Rashad Javier Sanchez, program ini bertujuan untuk memberikan edukasi ke pelanggan tentang teknologi dan layanan lanjutan dari 4G LTE, sekaligus membentuk ekosistem pendukungnya, termasuk dari sisi handset dan device yang mendukung teknologi 4.5G.

Rashad mengungkapkan, di sejumlah negara, pasar 4.5G sudah terbentuk dengan pesat seiring dengan pesatnya pertumbuhan kebutuhan layanan data pita lebar kecepatan tinggi. Oleh sebab itu, ia yakin kebutuhan masyarakat Indonesia akan layanan internet dengan kualitas lebih baik juga terus meningkat.

“Karena itu, kami mengambil inisiatif untuk terus memperkuat ekosistem layanan Data melalui 4.5G Xperience Zone ini, sebagai bagian dari kesiapan untuk menyongsong kebutuhan pelanggan di masa mendatang,” ujar Rashad di Jakarta, Rabu (5/4/2017).

4.5G Xperience Zone yang disediakan oleh XL Axiata bertempat di gerai XPLOR dan XL Center yang berada di sejumlah kota di berbagai daerah di Indonesia. Di tempat-tempat tersebut telah dilengkapi dengan 4.5G Ready BTS sehingga masyarakat bisa datang untuk mengetahui dan merasakan pengalaman berada di jaringan 4.5G.

BTS 4.5G Ready ini dilengkapi dengan beberapa teknologi teknologi pendukung 4.5G yaitu 4×4 MIMO, Modulasi 256 QAM, dan Carrier Aggregation (CA).  XL 4.5G Xperience Zone pada tahap awal tersedia di 20 lokasi yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.

XL 4.5G Xperience Zone antara lain ada wilayah Jabotabek sebanyak 8 lokasi, juga di Bandung, Cirebon, Yogyakarta, dan Surabaya. Lalu di luar Jawa ada di Denpasar, Mataram, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar, Manado, dan Banjarmasin. Pengembangannya lebih lanjut akan mengikuti perluasan layanan 4G ke kota-kota besar lainnya.

Saat ini, XL terus memperkuat infrastruktur pendukung layanan 4,5G. Tahun 2017 ini, managemen XL telah menganggarkan dana belanja modal (capex) sebesar sekitar Rp 7 triliun. Alokasi belanja modal tersebut sesuai dengan fokus XL di tahun 2017 ini, yaitu memperluas dan meningkatkan jaringan 4G.

Pada tahun ini XL Axiata akan membangun sekitar 17 ribu BTS 4G di berbagai daerah. Pada skala kota, XL mentargetkan akan mengembangkan terus layanan 4G ke lebih dari 330 kota di berbagai daerah, termasuk di luar Jawa.

“Saat ini, cakupan layanan 4G dari XL telah mencapai sekitar 53% populasi Indonesia,” terang Rashad. [MS/HBS].

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI