Pecah Kongsi, Apple akan Tinggalkan Qualcomm?

Telset.id, Jakarta – Masalah sengketa paten antara Apple dan Qualcomm nampaknya semakin memanas. Apple dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk tidak lagi menggunakan modem chip buatan Qualcomm untuk iPhone dan iPad.

Pecah kongsi diantara keduanya mulai terjadi saat Apple menyeret Qualcomm ke meja hijau awal Januari lalu. Masalah ini bermula karena perusahaan asal Cupertino tersebut merasa ada kejanggalan dalam kontrak yang mereka lakukan dengan Qualcomm.

[Baca juga: Saham Apple Cetak Rekor Tertinggi karena iPhone X]

Sebagai gantinya, Apple dikabarkan telah mendekati dua perusahaan lain yang memiliki teknologi serupa dengan Qualcomm. CNET melaporkan bahwa Intel dan MediaTek yang akan menjadi perusahaan penyedia modem chip untuk menggantikan Qualcomm.

Sebenarnya, Apple sudah mampu untuk membuat chip yang dapat menjalankan aplikasi di dalam perangkat mereka. Akan tetapi, hingga saat ini teknologi chip ini masih belum dapat diciptakan oleh para insinyur Apple.

[Baca juga: Qualcomm Umumkan Prosesor Snapdragon 845 Hadir di Desember]

Qualcomm sendiri telah menjadi rekanan Apple sejak 2011 silam, atau saat iPhone 4S pertama kali diluncurkan. Jika kabar ini benar, tentunya akan menjadi masalah baru bagi kedua perusahaan.

Sebagai informasi, Apple pada Januari lalu menggugat Qualcomm sebesar USD 1 miliar atau sekitar Rp 13,5 triliun. Atas kejadian ini, Qualcomm ingin pemerintah Tiongkok melarang penjualan iPhone dan iPad di negara berjuluk Negeri Tirai Bambu tersebut.[NC/HBS

 

SourceCNET

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0