Telset.id, Mataram – Pasca gempa 6,4 Skala Richter di Lombok, Minggu (29/7), XL Axiata memastikan jaringan dan layanannya tetap normal. Pelanggan dan masyarakat tetap bisa mengakses layanan XL di seluruh Lombok, termasuk di lokasi-lokasi terdekat dengan pusat bencana.
Meski demikian, sejumlah langkah antisipasi telah disiapkan oleh tim teknis di lapangan, antara lain untuk mengatasi jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Disebutkan, tim XL di Lombok juga telah siap mengirimkan bantuan darurat untuk warga yang menjadi korban, berkoordinasi dengan aparat pemerintah setempat.
Termasuk dalam paket bantuan ini adalah penyediaan sarana telekomunikasi dan akses internet gratis.
Vice Presiden XL Axiata East Region Mochamad Imam Mualim mengatakan, meskipun gempa yang terjadi kemarin cukup kuat di area yang luas, namun lebih dari 2200 unit BTS XL di Lombok tetap normal beroperasi, termasuk BTS di lokasi paling terdampak bencana, yaitu di Kabupaten Lombok Timur dan sebagian Kabupaten Lombok Utara.
“Kami juga telah melakukan cek atas semua menara dan perangkat BTS di area bencana, antara lain di desa-desa kaki Gunung Rinjani, seperti Sembalun, Sajang, Sambik Elen, dan Senaru. Semuanya dalam kondisi baik,” terang Imam, dalam keterangan yang diterima Telset.id, Senin (30/7/2018).
Imam menambahkan, bahwa mengingat layanan telekomunikasi dan akses internet menjadi sangat penting bagi penanggulangan bencana, maka tim teknis telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi untuk memastikan jaringan dan layanan XL tetap terjaga.
Langkah-langkah tersebut antara lain berupa menyiapkan backup genset portable, memastikan semua genset permanen sudah penuh terisi solar. Hal ini untuk antisipasi jika sewaktu-waktu aliran listrik terputus.
Selain itu, lanjut Imam, tim teknis juga menyiapkan opsi redirect coverage dari site terdekat atau bahkan mengerahkan mobile BTS ke lokasi yang membutuhkan.
Di wilayah Lombok Timur, XL memiliki sekitar 720 BTS, sebanyak lebih dari 470 di antaranya adalah BTS 3G dan 4G LTE. Sementara itu, di seluruh Provinsi NTB, XL total memiliki lebih dari 2900 BTS, dengan 790 BTS di antaranya 4G LTE, yang melayani lebih dari 2 Juta pelanggan.
Selain memastikan jaringan dan layanan tetap normal beroperasi, tim XL di lapangan juga telah menyiapkan bantuan darurat bagi warga yang terlanda bencana. Pihak XL Axiata mengatakan akan segera menyalurkan bantuan ke lokasi-lokasi yang membutuhkan.
Pada tahap awal, bantuan akan berupa bahan makanan, air mineral, obat-obatan, selimut, terpal, dan tenda. Bantuan lain berupa dukungan teknis penyediaan sarana telekomunikasi dan akses internet gratis. Perangkat-perangkat tersebut akan ditempatkan di lokasi yang paling membutuhkan. [HBS]