Pantau Jaringan, Telkomsel Susuri Jalur Pantura

Telset.id, Semarang – Menjelang bulan Ramadhan dan mudik Lebaran, Telkomsel kembali menggelar uji jaringan di sepanjang jalur mudik. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui kesiapan jaringan Telkomsel dalam menghadapi lonjakan trafik saat musim mudik Lebaran.

Pada uji jaringan tahun ini, Telkomsel memilih rute utama mudik di sejumlah wilayah di Pulau Jawa. Seperti di sepanjang jalur Pantura yang melewati wilayah Jakarta-Semarang, dan jalur Surabaya-Semarang.

Manager Radio Access Network Quality Telkomsel Henry Ganda Purba mengatakan bahwa uji jaringan yang melalui jalur Pantura akan melewati beberapa provinsi, yakni Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah, dengan jarak tempuh sejauh 451 kilometer (Jakarta hingga Semarang).

Drive test jaringan ini memantau coverage atau kuatnya daya pancar dan daya terima perangkat, kesuksesan akses jaringan, tingkat kontinuitas panggilan telepon, serta waktu sambung panggilan.

“Jalur yang dilewati sebagian besar telah tercover oleh jaringan 3G dan 4G Telkomsel,” kata Henry, saat menjelaskan test jaringan di sepanjang jalur mudik yang melalui wilayah Pantura, Rabu (18/5/2016).

Dia mengungkapkan, saat ini di wilayah Jakarta ada 1436 titik tercover jaringan 3G dan 262 titik sudah menikmati jaringan 4G. Sedangkan di Jawa Barat ada 690 titik sudah di-cover 3G dan 82 titik 4G. Sementara di Jawa Tengah ada 158 titik di-cover 3G dan 8 titik sudah 4G.

Menurut VP ICT Regional Jabotabek-Jabar, Yuanita Erawati, hasil dari test jaringan saat melalui jalur antara Jakarta hingga Cirebon memperlihatkan tidak adanya masalah yang berarti.

“Kami telah meningkatkan kapasitas jaringan, terutama di jalur padat mudik. Oleh sebab itu, kami yakin akan siap menghadapi lonjakan trafik komunikasi selama Ramadhan dan musim mudik Lebarani,” ujar Yuanita.Telkomsel test jaringan 2016

Selain itu, menurut Yunita, pihaknya juga akan menyiapkan 21 mobile BTS atau Combat (Compact Mobile Base Transceiver) di tempat-tempat keramaian dengan arus komunikasi yang padat.

Dari hasil test tergambar tingkat keberhasilan koneksi atau panggilan sangat tinggi di jalur tersebut. Hal itu dapat dilihat dari hasil test yang dilakukan tim dari Telkomsel dengan cara melakukan panggilan sebanyak 84 kali, dan hasilnya tidak ditemukan drop call atau kegagalan panggilan.

Sementara hasil test untuk akses data memperlihatkan kecepatan transfer data rata-rata bisa mencapai 6,6 Mbps. Menurut dia, di sepanjang jalur utama mudik Pantura telah tercover jaringan 3G.

Yunita memastkan di beberapa titik di jalur mudik sudah tercover jaringan 4G, seperti misalnya di Cirebon. Di area yang telah diselimuti jaringan 4G ini, kecepatan akses datanya bisa lebih cepat. “Kecepatannya bisa mencapai 70 Mbps,” terang Yuanita.

Ia menambahkan, Telkomsel sebenarnya tidak hanya melakukan uji jaringan saat mendekati bulan Ramadan dan Lebaran saja. Karena pemantauan juga dilakukan secara rutin untuk memastikan jaringan tetap nyaman digunakan pelanggan.

“Sebenarnya tidak cuma menjelang bulan Ramadhan, tapi kami juga rutin secara berkala melakukan uji jaringan di semua area,” pungkasnya. [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0