Pandemi Covid-19 Mereda, Pasar Tablet Global Langsung Anjlok

Telset.id, Jakarta – Pandemi Covid-19 yang mulai mereda di banyak negara, berdampak pada pasar tablet secara global. Namun bukan dalam arti yang positif. Pasalnya, pada kuartal ketiga (Q3) tahun 2022, pengiriman tablet justru menurun hingga 6,2%.

Dikutip Telset dari Phone Arena, pandemi Covid-19 yang terjadi sekitar tahun 2020-2021 memberikan dampak positif bagi industri tablet. Terlebih kegiatan belajar secara tatap muka di sekolah, diubah menjadi online sehingga para orang tua membeli tablet untuk menunjang aktivitas belajar anak-anak mereka.

Namun, ketika angka kasus Covid-19 mulai menurun di tahun 2022, pasar tablet global ikut mengalami penurunan. Menurut laporan dari Canalys, pada kuartal ketiga Q3 tahun 2022 pangsa pasar tablet minus 6,2% dengan jumlah pengiriman 35,3 juta unit.

BACA JUGA:

Hasil yang kurang memuaskan, apabila dibandingkan dengan Q2 2022 yang saat itu pengirimannya mencapai 37,6 juta unit.

Apple Pimpin Pasar Tablet Global 

Canalys juga memberikan informasi tren pengiriman dan pangsa pasar para vendor tablet di Q3 2022. Hasilnya Apple memimpin pasar di tengah tren pengiriman yang sedang anjlok.

Perusahaan yang dipimpin Tim Cook itu mampu mengiriman 14,3 juta tablet, dengan pangsa pasar 40,7%. Meski berada di puncak klasemen pasar tablet, hasil Apple di Q3 2022 memperlihatkan penurunan 5,6% dibandingkan Q3 tahun 2021.

“Apple tetap berada di puncak karena mengirimkan 14,3 juta unit iPad dari Juli hingga September. Angka itu turun 5,6% dari kuartal ketiga tahun lalu,” tulis Canalys.

Di posisi kedua ada Samsung, yang jumlah pengirimannya terpaut jauh dari Apple. Vendor asal Korea Selatan ini hanya mampu memasarkan 6,6 juta unit tablet dengan pangsa pasar 18,7%. Sama seperti Apple, hasil ini memperlihatkan penurunan 8,3% dibanding Q3 tahun lalu.

Berbeda dengan Apple dan Samsung, Amazon justru berhasil mengalami pertumbuhan pasar sebesar 17,9%. Tablet milik Amazon bernama Kindle Fire, mampu terkirim sebanyak 3,2 juta unit dengan pangsa pasar 9,1%.

Pasar Tablet Global

Sayangnya nasib Lenovo dan Huawei berbeda jauh dengan Amazon. Keduanya mengalami penurunan  pasar hingga dua digit. Lenovo minus 36,6% dengan pengiriman 2,7 juta unit dan pangsa pasar 7,7%. Sedangkan Huawei turun 41,1% dengan pengiriman 1,4 juta unit dan pangsa pasar 4,2%.

BACA JUGA:

Walaupun pasar tablet global negatif di Q3 2022, analis Canalys Himani Mukka menilai kalau di kuartal berikutnya pasar produk ini akan kembali bergairah. Asalkan para vendor giat melakukan promosi ke konsumen, khususnya konsumen dari kalangan siswa atau mahasiswa.

“Aktivitas promosi oleh vendor dan pengecer, termasuk dengan menyasar konsumen di sekolah akan membantu menjaga volume pengiriman pada tingkat yang lebih tinggi daripada sebelum pandemi,” tutup Himani. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0