Paket Unlimited Smartfren Picu Kenaikan Trafik Data 19%

Telset.id, Jakarta – Smartfren mulai menuai hasil positif dari paket internet Super 4G Unlimited. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan trafik yang signifikan setelah paket ini diluncurkan pada awal tahun.

Sejak bulan Juni lalu, Smartfren menghadirkan paket internet kuota tanpa batas Super 4G Unlimited yang ditawarkan seharga Rp 60.000 selama satu bulan penuh FUP 1GB/ hari, dari sebelumnya Rp 149.000 saat pertama kali diluncurkan pada awal tahun ini.

“Dari sejak diluncurkan pada Juni lalu yang bertepatan dengan Lebaran, sampai saat ini paket Super 4G Unlimited mendapatkan respon positif dari para pelanggan,” ujar Ari Abdya, GM Prepaid Smartfren di acara Media Gathering, Selasa (15/8/2018).

Diungkapkannya, secara nasional ada kenaikan trafik data sekitar 19 persen per bulan dari pengguna unlimited setelah paket tersebut diluncurkan. Sementara pengguna unlimited saat ini meningkat hingga 59 persen sejak awal rilis, dengan coverage nasional sudah mencapai 70 persen di akhir 2018

“Kelebihan dari paket ini yang paling disukai pelanggan adalah kebebasan untuk menggunakan kuota 4G sesuai dengan kebutuhannya. Mulai dari streaming video dan musik, browsing, mengakses media sosial, hingga chatting,” terang Ari.

Dia juga memastikan, bahwa penawaran fair usage policy (FUP) sebesar 1GB per hari masih dirasa cukup bagi pengguna, jika dilihat dari rata-rata penggunaan data pengguna paket unlimited.

“Kalau kita lihat rata-rata penggunaan per bulan sekitar 20,13GB, sedangkan penggunaan per hari 670MB. Jadi, kalau ditotal dengan FUP 1GB per hari, pengguna bisa mendapatkan kuota 30GB. Jadi, 1GB itu sangat cukup,” paparnya.

Open Market Handset (OMH)

Hal lain yang membuat Smartfren gembira adalah karena ternyata pengguna paket unlimited justru banyak dari perangkat non Andromax, atau Smartfren menyebutnya perangkat 4G dari Open Market Handset (OMH).

“Sekitar 77 persen pengguna paket unlimited justru berasal dari perangkat non-Andromax. Kami sangat senang karena itu artinya paket ini bisa menarik potensi orang yang belum menggunakan Smartfren,” imbuhnya.

Seperti kita tahu, Smartfren sekarang tak lagi mau “jualan handset” Andromax, dan lebih memilih melakukan strategi open market handset agar lebih banyak menarik pelanggan baru.

“Dengan open market handset, layanan kami dapat dinikmati oleh pelanggan dengan model smartphone lain yang sudah mendukung,” ujar Ari.

Saat ini tidak hanya menyediakan paket unlimited dengan harga Rp 60.000 per bulan, Smartfren juga menyediakan paket serupa yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti misalnya paket unlimited Rp 50 ribu buat yang minim budget, dan juga paket unlimited Rp 100 ribu bagi yang ingin lebih banyak.

Untuk paket unlimited 50 ribu, Smartfren menawarkan akses internet tanpa FUP dengan kecepatan mencapai 512Kbps. Sementara paket unlimited 100 ribu, layanan yang didapatkan mirip dengan yang ada saat ini, tapi FUP lebih besar, yakni 1,5GB.

Bagi pengguna yang merasa kurang dan membutuhkan kecepatan optimal saat mencapai batas FUP, Smartfren juga menyediakan paket tambahan dengan harga Rp 9.000 untuk tambahan 1GB dan 20.000 untuk tambahan 3GB. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here