Nelayan Yogyakarta & Balikpapan Manfaatkan mFish

Telset.id, Jakarta Nelayan di sejumlah wilayah di Indonesia sudah mulai memanfaatkan aplikasi digital besutan XL, mFish. Aplikasi berbasis teknologi selular ini disebut-sebut akan dapat membantu memaksimalkan produktivitas nelayan.

Nelayan yang memanfaatkan aplikasi digital mFish terus bertambah. Awal pekan ini, XL mulai mengimplementasikannya kepada para nelayan di Pantai Baron, Gunung Kidul, dan Pantai Depok, Bantul, Yogyakarta.

mFish adalah aplikasi berbasis teknologi selular yang memberikan informasi berupa prakiraan cuaca, informasi seputar info ketinggian pasang surut, peta permukaan laut, lokasi pencarian ikan dan plankton, serta harga dari ikan yang akan ditangkap.

Vice Presiden Central Region XL, Bambang Parikesit mengatakan, tahun ini XL mulai mengimplementasikan mFish bagi para nelayan di wilayah DI Yogyakarta, dengan harapan bisa dimanfaatkan warga nelayan untuk lebih produktif.

“Pada tahap awal ini, akan ada 260 paket mFish yang kami bagikan kepada nelayan Yogyakarta,” kata Bambang Parikesit, dalam keterangan resminya, Sabtu (12/3/2016).

Bambang menambahkan, distribusi paket mFish terdiri dari 160 untuk nelayan Pantai Baron, Gunung Kidul. Sementara itu untuk nelayan Pantai Depok, Bantul dialokasikan sebanyak 100 paket mFish.

Satu paket mFish terdiri dari handset, kartu SIM XL, pengisi baterai tenaga sinar matahari, tas anti air, dan kabel data. Dalam mengimplementasikan mFish ini, XL bekerjasama dengan TONE, yang menjadi partner pengembang aplikasi tersebut.

Untuk memastikan program implementasi mFish di Yogya ini berjalan seperti yang diharapkan. XL mendapatkan dukungan dari PT Komunika Mitra Pratama, mitra dealer XL di Yogya, untuk  menyediakan pendampingan selama 6 bulan.

mFish di Balikpapan

Sementara itu di Balikpapan, XL bekerjasama dengan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Balikpapan, dalam mengimplementasikan mFish. Ada total 500 paket perangkat mFish yang telah diserahkan kepada warga nelayan di dua kampung, yaitu Kampung Baru dan Manggar, masing-masing 250 perangkat.

Dalam kerjasama tersebut, nelayan penerima paket mFish akan mendapatkan gratis biaya paket data selama 1 bulan. Selanjutnya akan terus dilakukan pembinaan dan pendampingan di kampung nelayan ini oleh tim ITK selama 6 bulan, sekaligus untuk menjaga tingkat efektivitasnya. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here