Nasabah Bank Ini Bisa Cek Saldo via WhatsApp

Telset.id, Jakarta – Perusahaan perbankan asal Afrika Selatan, Absa Group Ltd baru saja meluncurkan layanan perbankan melalui aplikasi WhatsApp. Dengan adanya layanan WhatsApp Banking tersebut, Absa berharap mampu mendorong perbankan digital di kawasan Afrika Selatan.

“Seiring perkembangan teknologi, perbankan dan konsumen semakin berorientasi bisnis ke arah digital. Karena itu, kami menghadirkan layanan WhatsApp Banking,” ujar CEO Absa, Maria Ramos, seperti dilansir dari Reuters, Jumat (03/08/2018).

Layanan WhatsApp Banking ini sendiri disebut Absa sebagai ChatBanking. Melalui layanan itu, para nasabah bisa bertransaksi secara mudah melalui aplikasi, seperti mengecek saldo, membeli pulsa, dan melakukan bebagai pembayaran menggunakan perintah sederhana.

Baca Juga: Ingat! Sekarang Pakai WhatsApp Business Wajib Bayar

“Absa memutuskan untuk beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen. Mereka membutuhkan perbankan yang selalu tersedia kapan saja dan di mana saja,” jelas Kepala Informasi Absa, Jacques Barkhuizen.

Selain WhatsApp, Absa juga bekerja sama dengan platform messaging bernama Clickatell. Sebelum menggandeng WhatsApp, Absa telah membuka layanan ChatBanking di platform Facebook Messenger dan Twitter pada tahun 2016 lalu.

Baca Juga: Instagram Siapkan Fitur Pembayaran untuk Belanja Barang

WhatsApp juga sebenarnya memiliki fitur pembayaran digital sendiri, namun baru berlaku di kawasan India saja. Melalui fitur yang dirilis pada Mei lalu, pengguna jadi semakin mudah bertransaksi keuangan.

Total, ada empat bank besar di India yang mendukung fitur pembayaran digital WhatsApp, yakni HDFC Bank, ICICI Bank, Axis Bank, serta SBI Bank. Konon, WhatsApp enggan merilis fitur pembayaran jika tidak ada empat bank bekerja sama. (BA/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI