Menkominfo Ajak Operator Bangun Daerah Terpencil

Telset.id, Jakarta – Memperingati Hari Bakti Postel ke-71, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak komunitas dan operator bersama-sama untuk membangun Indonesia, khususnya daerah terpencil.

“Tahun 2019 nanti, diharpakan semua kabupaten dan kota akan terhubung dengan broadband. Saat ini sudah ada 400 kabupaten dan kota yang terbangun, sisanya akan diselesaikan bersama pada 2018,” papar Rudiantara dalam Gala Dinner Hari Bakti Postel ke-71 di Hotel Intercontinental Bandung, Senin (26/9/2016).

Rudiantara menjelaskan bahwa pemerintah memberikan insentif berupa diskon bagi operator untuk membangun di daerah yang tidak feasible.

“Kita gunakan dana BHP USO untuk bangun daerah yang tidak menguntungkan dari sisi bisnis. Dalam setahun dana USO yang dikelola pemerintah sebesar Rp 2 triliun,” jelasnya.

Menurut Menteri Kominfo, ke depan pembangunan infrastruktur telekomunikasi tidak lagi berdasarkan kabupaten atau kota, tetapi berbasis wilayah kecamatan.

Oleh karena itu, Rudiantara berencana akan merevisi Perpres Nomor 131 Tahun 2015 tentang Penetapan Daerah Tertinggal.

“Selain itu, mulai tahun depan kita juga akan mulai gunakan satelit untuk mendukung Indonesia terkoneksi,” jelasnya. (MS/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI