Mendag Zulkifli Hasan Larang TikTok Shop Jualan di Indonesia

Telset.id, Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melarang TikTok untuk berjualan di Indonesia, melalui layanan TikTok Shop. Kebijakan ini diambil sebagai imbas keluhan pedagang pasar yang sepi pengunjung, karena konsumen memilih berbelanja melalui TikTok Shop.

Kebijakan tersebut disampaikan Mendag Zulkifli Hasan usai melakukan rapat terbatas dengan Presiden Jokowi pada Senin (25/09/2023). Dari hasil rapat kemarin disimpulkan kalau platform social commerce seperti TikTok Shop dilarang berjualan di Tanah Air.

Social commerce itu hanya boleh memfasilitasi promosi barang atau jasa, tidak boleh transaksi langsung, bayar langsung, tidak boleh lagi, dia hanya boleh promosi,” jelas Zulkifli Hasan kepada awak media.

Demi memperkuat kebijakan TikTok Shop dilarang berjualan, Mendag Zulkifli Hasan bakal meneken Revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 50 Tahun 2020 tentang Tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

BACA JUGA:

Dalam revisi permendag itu, Zulkifli Hasan menyebut pihaknya juga akan memisahkan secara tegas platform social commerce dan social media.

“Tidak ada sosial media, ini tidak ada kaitannya jadi harus dipisah. Jadi algoritmanya itu tidak semua dikuasai, dan ini mencegah penggunaan data pribadi, apa namanya, untuk kepentingan bisnis,” ungkap Mendag Zulkifli.

Sementara politisi Partai PAN itu mengibaratkan platform social commerce seperti hanya televisi. Artinya mereka hanya dapat digunakan untuk mempromosikan barang atau jasa, namun tidak bisa digunakan untuk bertransaksi.

“(Social commerce) tak bisa jualan, tak bisa terima uang, jadi dia semacam platform digital, tugasnya mempromosikan,” sambung Zulkifli.

Seperti diketahui kalau TikTok Shop hadir di Indonesia pada April 2022. TikTok Shop dihadirkan untuk membantu pengusaha dan juga konsumen untuk berjualan dan berbelanja lewat TikTok.

BACA JUGA:

Sayangnya kehadiran TikTok Shop dinilai memberikan dampak buruk bagi pedagang pasar. Banyak yang mengeluh kalau dagangan mereka sepi, karena konsumen beralih berbelanja melalui platform tersebut ketimbang di pasar. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI