Luncurkan Satelit Perubahan Iklim, California “Melawan” Trump?

Telset.id, Jakarta – Pemerintah negara bagian California, Amerika Serikat (AS) akan meluncurkan satelit untuk memantau perubahan iklim. Hal ini dilakukan karena pemerintah pusat AS di bawah presiden Donald Trump terkesan mengabaikan perubahan iklim, dengan menghapusnya sebagai daftar ancaman nasional.

Dalam sebuah pidato di acara Global Climate Action Summit, Gubernur California, Jerry Brown mengatakan bahwa pihaknya akan meluncurkan satelit untuk mendeteksi polusi dan mengatasi perubahan iklim.

Seperti dikabarkan Engadget, pemerintah California berencana akan bekerja sama dengan perusahaan Planet Labs dan Dewan Sumber Daya Udara California.

Sayangnya hingga berita ini ditulis, belum ada informasi yang pasti terkait biaya pembuatan dan waktu peluncuran satelit tersebut.

Baca juga:  Berat Badan Berlebih Kini Dapat Dilihat dari Satelit?

Tetapi proyek ini secara tidak langsung meningkatkan pertarungan antara California dan Gedung Putih di era Trump. Hubungan keduanya memang telah berselisih sejak lama.

Gedung Putih. bahkan berencana untuk mencabut pemberlakuan Undang-Undang Air Bersih di California hanya untuk mencegah agar negara tersebut tidak menerapkan  standar emisi yang ketat

Baca juga:  China Pasang Satelit untuk Awasi Laut China Selatan

Pihak California sendiri telah membalas dengan lebih dari 40 tuntutan hukum terhadap pemerintah Trump, belum lagi desakan untuk menghentikan penggunaan bahan bakar fosil.

Sekarang, pihak Trump harus bersaing dengan program satelit yang dikelola negara bagian California yang mungkin menantang strategi bagi NASA. [NM/HBS]

Sumber : Engadget

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI