Lewat NextDev, Telkomsel ‘Berburu’ Startup di Tujuh Kota

Telset.id, Jakarta – Ada kabar baik untuk generasi muda yang baru menjalankan perusahaan pemula (startup) di bidang teknologi. Pasalnya, Telkomsel sedang getol mencari startup potensial untuk didukung lewat program The NextDev Talent Scouting, sebuah ajang pencarian startup pengembang aplikasi digital.

Program yang telah berlangsung untuk keempat kalinya ini mewadahi potensi generasi muda yang memanfaatkan teknologi untuk berkreasi menghasilkan aplikasi digital yang mampu mengatasi masalah di masyarakat.

Ajang pencarian dan pengembangan startup teknologi terbaik Indonesia di bidang dampak sosial alias Social Impact ini akan digelar di tujuh kota besar di Indonesia, yakni Batam, Jakarta, Semarang, Yogjakarta, Surabaya, Makassar dan Samarinda.

Direktur Utama PT Telkomsel Tbk Ririek Adriansyah mengatakan tidak ada ruginya mendaftar The Nexdev karena akan mendapatkan pengetahuan baru di bidang teknologi dan diberikan kesempatan mencari pengalaman lebih luas ke luar negeri jika berhasil menjadi yang terbaik.

Untuk itu para penggiat startup di berbagai daerah diminta mempersiapkan proposal bisnis dalam kompetisi bergengsi tersebut karena akan dimulai 20 April mendatang di Surabaya.

“The Nexdev 2018 kompetisinya lebih melihat ke orangnya karena akan masuk akademi dan juaranya dikirim ke luar negeri supaya bisa mendapat pengalaman lebih luas lagi,” kata Ririek dalam acara The Nexdev Talent Scouting 2018 di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Baca juga: Perkuat 4G di Natuna dan Anambas, Telkomsel Tambah 2 BTS

Wilayah pendaftaran The Nexdev berbeda dibanding tahun lalu, misalnya tidak lagi di Medan, tapi justeru ke Batam, apa sebabnya? Ternyata perusahaan operator seluler ini ingin melihat potensi perusahaan pemula lain di berbagai daerah dan juga ingin menggali potensi baru.

“Ada perubahan di kota kota yang belum ada tahun lalu. Ini supaya lebih merata mensosialisasikan program ini dan start up bisa lebih berkembang di kota lain,” imbuh dia.

Sementara itu, Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawaty menambahkan bahwa program ini merupakan langkah Telkomsel untuk memunculkan aplikasi unggulan besutan unicorn lokal baru dari gempuran aplikasi asing.

Perubahan fokus bidang di ajang kompetisi aplikasi ini dilakukan dari hasil penyaringan dan perkembangan arah bisnis yang potensial, sejak The Nexdev di mulai sejak 2015 lalu. Bukan tidak mungkin fokus bidang ajang kompetisi ini juga berubah pada tahun depan.

“Tahun ini fokus ke sembilan bidang, yakni pemerintahan, transportasi, pariwisata, energi, komersial kesehatan, pertanian, lingkungan dan edukasi. Nah, ini yang tahun lalu yang banyak muncul dari proposal yang masuk,” jelas Adita.

Baca juga: Ini Dia 4 Aplikasi Terbaik Telkomsel The NextDev 2017

Karena hanya menyasar 20 peserta, maka proses penyaringannya akan cukup ketat dari seluruh Indonesia. Ke 20 orang ini nantinya akan menjalani masa training di “Akademi” selama enam bulan dengan di dampingi sejumlah mentor praktisi stratup terkenal.

“Formatnya seleksi ini talent scouting. Orangnya jadi faktor penting. Nah tujuh kota tadi di pilih karena komunitas start upnya sudah mulai banyak,” imbuh dia. [WS/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here