telset

Lelah Saat Mudik? Mampir Saja ke Tenda Publik Kominfo

Telset.id, Jakarta – Ada kabar baik untuk Anda yang berencana mudik ke kampung halaman menjelang lebaran yang tinggal tiga hari lagi. Kini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membangun Tenda Publik Kominfo di sembilan titik jalur mudik Pulau Jawa dan Sumatera.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) R. Niken Widiastuti mengatakan sebenarnya layanan tersebut ditujukan untuk memberikan informasi kepada pemudik serta menyebarkan informasi tentang kinerja pemerintah.

Namun tenda publik ini dilengkapi fasilitas umum yang bisa dipergunakan untuk melelpas lelas pemudik seperti tempat ibadah, sarana bermain anak-anak dan pijat gratis.

“Diharapkan selain bisa digunakan beristirahat dan bersantai para pemudik, Tenda Publik Kominfo juga dapat digunakan sebagai tempat akses informasi publik,” kata Dirjen Niken dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (12/6/2018).

Menurut Niken, Tenda Publik Kominfo bisa melayani pemudik motor maupun mobil dan juga warga setempat.

Lokasinya antara lain satu di Pelabuhan Bekauhuni Lampung, empat di jalur Pantai Utara Jawa (Pantura) dan empat di Pantau Selatan Jawa (Pansela).

Pada tahun ini Kominfo menetapkan tema “Mudik Bareng Guyub Rukun” untuk program tenda mudik yang baru pertama kali dibuat ini.

“Tema ini diinsipirasi semangat kekeluargaan para pemudik yang rela bersusah payah demi berkumpul dengan keluarga di kampung halaman,” jelas Niken.

Pembukaan Tenda Publik Kominfo dilakukan oleh Dirjen IKP di Beber, Cirebon, Minggu (10/6/2018). Usai peresmian, Dirjen Niken mengisi Dialogi Publik yang disiarkan langsung RRI Cirebon.

Dalam dialog publik dengan warga, Niken menjelaskan manfaat tenda publik untuk warga. mulai dari informasi pelayanan kesehatan, seperti BPJS maupun program pembangunan yang lain.

Baca juga: Kominfo Minta Operator Antisipasi Situasi Kritis Jalur Mudik

“Dengan informasi yang baik, warga tidak mudah dipengaruhi oleh berita hoax dan kabar-kabar yang tidak benar. Seperti serbuan Tenaga Kerja Asal Cina dan yang lainnya,” kata Niken.

Komisioner Komisi Informasi Publik Pusat Arif A. Kuswardono juga mendorong masyarakat untuk memanfaatkan layanan informasi publik, seperti untuk mengetahui kondisi lalu lintas. Dengan demikian, masyarakat dapat melakukan kegiatan pada momentum lebaran dengan aman dan nyaman [WS/HBS]

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0