Lebih Cepat dan Stabil, 4G XL di Yogya Kini Gunakan Frekuensi 1800MHz

Telset.id, Yogyakarta – Operator seluler XL Axiata meningkatkan kualitas layanan dan memperluas cakupan layanan 4G untuk area Yogyakarta dan sekitarnya. Jika sebelumnya perusahaan memanfaatkan frekuensi 900MHz untuk melayani pelanggan 4G di wilayah tersebut, kini XL resmi menggunakan frekuensi 1800MHz – yang juga telah digunakan secara global – untuk meningkatkan kualitas layanan.

Peningkatan kualitas layanan di Yogyakarta ini diakui Presiden Direktur sekaligus CEO XL, Dian Siswarini, tak hanya semata karena Yogya dianggap sebagai pasar penting bagi XL, tetapi juga karena Yogya merupakan tempat di mana XL bisa menunjukkan seperti apa seharusnya suatu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi dan data mampu melayani masyarakat Indonesia.

“Apalagi Yogya juga merupakan salah satu basis industri kreatif di Indonesia, sekaligus sebagai Kota Budaya dan Pendidikan. Koneksi internet yang berkualitas adalah kebutuhan yang urgent untuk mendukung aktivitas masyarakat Yogya,” kata Dian dalam sebuah acara di halaman Candi Prambanan, Kamis (12/5).

Dian menambahkan, dengan memanfaatkan frekuensi 1800MHz, tak hanya kecepatan internet saja yang bisa ditingkatkan (hingga 100Mbps), layanan juga bisa lebih stabil. 

“Dari sisi ekosistem, layanan pada frekuensi 1800MHz juga akan lebih memudahkan pelanggan dan masyarakat Yogya dalam mendapatkan ponsel 4G di pasar,” tambahnya.

Layanan 4G LTE XL telah dinikmati Yogya bersama Medan dan Bogor sejak akhir 2014. Hanya saja, saat itu masih di frekuensi 900MHz. Mengingat pemerintah pun memang baru memberikan izin penggunaan di frekuensi tersebut untuk layanan 4G. Baru setelah pemerintah melakukan penataan ulang frekuensi 1800MHz dan memberikan izin penggunaan frekuensi tersebut untuk layanan 4G LTE (sekitar Oktober 2015), XL mulai mengembangkan 4G LTE dengan menggunakan frekuensi 1800MHz.

Saat ini, ada setidaknya 200 BTS 4G XL tersebar di berbagai area di Yogyakarta dan sekitarnya. Infrastruktur tersebut akan menopang layanan untuk sekitar 627 ribu pelanggan data, yang diperkirakan akan terus meningkat secara cepat. Saat ini, total pelanggan XL di Yogyakarta sekitar 1,9 juta, yang merupakan pelanggan potensial untuk berpindah ke layanan 4G.

Layanan 4G LTE di Yoyakarta kini akan meng-cover wilayah yang lebih luas dari sebelumnya. Selain area-area di dalam wilayah Kota Yogyakarta, pelanggan dan masyarakat juga bisa memanfaatkan 4G LTE di sekitar wilayah Mlati, Depok, Sewon, Kotagede, Gamping, Kaliurang, Sedayu, dan Pathuk, dimana di area tersebut terdapat kampus, pusat perbelanjaan, pusat bisnis, dan lokasi wisata. [IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI