TELKO

Layanan VoLTE XL Sudah Menjangkau 224 Kota dan Kabupaten

Bayu Sadewo
Share

Telset.id, Jakarta – Jangkauan wilayah layanan Voice over LTE (VoLTE) milik XL Axiata per Juni 2021 sudah tersebar di 224 kota dan kabupaten. Layanan VoLTE XL sudah dinikmati di Sumatera, Bangka, Jawa, Madura, Bali, Lombok, dan Kalimantan.

Sejak diluncurkan pertama kali pada Agustus 2020 lalu, jumlah pelanggan yang menggunakan layanan ini terus meningkat, demikian juga dengan penetrasi smartphone dengan kemampuan VoLTE pada pengguna layanan 4G.

Baca juga: XL akan Perluas Layanan VoLTE ke 50 Kota di 2020

“Kami terus memperluas jangkauan layanan VoLTE ini sejalan dengan rencana pengkondisian jaringan untuk VoLTE yang telah kami lakukan secara bertahap,” kata Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam keterangannya, Senin (19/7/2021).

Dijelaskannya, untuk bisa menggelar VoLTE di suatu area, XL perlu menyiapkan jaringannya terlebih dahulu. Sementara untuk menentukan kota/kabupaten yang menjadi target perluasan layanan VoLTE ada beberapa parameter yang digunakan.

Parameter tersebut antara lain berdasarkan permintaan layanan voice yang tinggi, jumlah ketersediaan perangkat support VoLTE yang tinggi, dan perluasan dari kota-kota yang sekarang sudah menikmati layanan VoLTE XL Axiata.

Gede menambahkan, pelanggan yang telah aktif menggunakan VoLTE telah mencapai lebih dari 50% dari total pelanggan yang telah terregistrasi di jaringan VoLTE XL Axiata.

Manajemen XL Axiata optimis layanan ini akan mendapatkan sambutan yang baik dari pelanggan mengingat kelebihan manfaat yang ditawarkan, yaitu kualitas suara yang lebih baik, kecepatan sambung yang lebih cepat, dan juga layanan video yang berkualitas.

“Pelanggan juga dapat menikmati layanan VoLTE dan layanan data secara bersamaan,” sebut Gede menambahkan.

Sebagai informasi, VoLTE adalah layanan percakapan (voice) atau telepon melalui jaringan data LTE (Long Term Evolution). Dengan VoLTE layanan voice menjadi lebih baik di mana kualitas suara menjadi sangat jernih.

XL sendiri saat ini terus menyiapkan infrastruktur jaringan di kota/kabupaten berikutnya untuk mendukung layanan VoLTE di tahap selanjutnya. XL juga melakukan optimasi jaringan secara menyeluruh sehingga benar-benar siap.

Bagi pelanggan XL, AXIS dan XL PRIORITAS yang telah memenuhi persyaratan dapat langsung menikmati layanan ini tanpa perlu registrasi atau membeli paket tertentu. Tarif yang berlaku sesuai dengan tarif nelpon reguler atau kuota paket yang sedang digunakan.

Untuk pengalaman terbaik, pengguna dapat menggunakan paket Xtra Combo atau PRIORITAS dapat menggunakan myPRIO X Unlimited, dimana selain mendapatkan kuota internetan, pelanggan juga dapat bonus kuota nelpon ke semua operator.

Baca juga: Layanan VoLTE Bisa untuk Panggilan Antar Operator, tapi…

Sementara bagi pengguna AXIS, layanan VoLTE XL bisa dinikmati dengan menggunakan paket nelpon Curhat atau Kangen.

Selain itu, pelanggan juga tidak perlu kartu SIM khusus untuk bisa menggunakan VoLTE. Pelanggan hanya perlu memastikan bahwa sudah menggunakan kartu SIM jenis USIM yang sekarang ini diperlukan agar bisa menikmati layanan data 4G.

Pelanggan perlu memastikan bahwa pelanggan berada di area VoLTE XL Axiata, menggunakan handphone yang sudah mendapatkan software update untuk VoLTE XL Axiata dengan kartu SIM 4G. Untuk area dan jenis smartphone bisa dilihat di website xlaxiata. [HBS]

Leave a Comment
Bayu Sadewo