telset

Siap-siap! Hari Ini Layanan 5G Telkomsel Mulai “On” di 6 Lokasi Ini

Telset.id, Jakarta – Hari ini Telkomsel akan menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) setelah dinyatakan lulus Uji Laik Operasi (ULO) teknologi 5G. Setelah mengantongi SKLO, Telkomsel akan launching 5G secara komersial di 6 lokasi. Dimana saja?

Setelah lulus ULO, Telkomsel rencananya akan meluncurkan layanan 5G secara komersial di 6 lokasi di wilayah Jakarta dan Tangerang Selatan.

{Baca juga: Telkomsel Siap Luncurkan Layanan 5G Komersial 27 Mei 2021}

Menurut informasi dari sumber Telset, bahwa SKLO rencananya akan diberikan Menkominfo kepada Telkomsel dalam acara konferensi pers di Kantor Kominfo pada Senin (24/5), sekaligus menandai dimulainya implementasi 5G secara komersial di Indonesia.

“Nanti SKLO akan diserahkan Menkominfo kepad Dirut Telkomsel, dan mereka yang akan mengumumkan di acara konferensi pers di kantor Kominfo. Jadi mulai hari ini (layanan 5G) sebenarnya sudah “on”, tapi mungkin baru resmi diluncurkan secara komersial pada 27 Mei 2021,” ujar sumber Telset.id akhir pekan lalu.

“Insya Allah kita (Telkomsel) siap meluncurkan layanan 5G secara komersial pada 27 Mei 2021,” lanjut sumber tersebut.

Jaringan 5G Telkomsel Tersedia di 6 Lokasi

Ada 6 lokasi yang menikmati layanan 5G komersial pada fase awal di wilayah Jakarta dan Tangerang Selatan, Banten, yakni Bumi Serpong Damai (BSD), Alam Sutera, Pantai Indah Kapuk (PIK), Pondok Indah, Kelapa Gading, Widya Chandra.

“Nanti fase awal layanan 5G Telkomsel secara komersial di BSD, PIK, Pondok Indah, Kelapa Gading, dan Widya Chandra,” ungkap sumber Telset.

{Baca juga: Telkomsel dan Smartfren Menang Lelang Jaringan 5G}

Alasan kenapa memilih 6 lokasi tersebut, menurut sumber tersebut, karena di wilayah tersebut banyak pengguna smartphone berbasis 5G. Selain itu, karena konsumsi data pengguna Telkomsel di lokasi itu cukup besar.

“Kami melihat ekosistem 5G di 6 lokasi itu sudah lebih siap. Selain itu juga tidak perlu mengganti SIM Card,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate sebelumnya mengungkapkan bahwa layanan 5G Telkomsel akan segera diluncurkan di beberapa lokasi di wilayah Jakarta dan Tangerang.

Selain di wilayah Jakarta dan Tangerang, Telkomsel juga akan menggelar layanan 5G di kawasan Batam, Bandung, Medan, Surabaya, Solo, Denpasar, Makassar, dan Balikpapan.

Johnny juga menjelaskan bahwa teknologi 5G Telkomsel yang akan diluncurkan secara komersial akan menggunakan pita frekuensi radio 2,3 GHz.

“Pita frekuensi radio yang direncanakan akan digunakan Telkomsel untuk teknologi 5G ini menggunakan pita frekuensi radio 2,3 GHz untuk data plane dan pita frekuensi radio 1800 MHz untuk control plane,” kata Johnny seperti dikutip dari CNN Indonesia.

{Baca juga: 12 HP 5G Terbaru yang Dijual Secara Resmi di Indonesia}

Sebelumnya, Telkomsel melakukan proses ULO teknologi 5G yang dilaksanakan bersama Kementerian Kominfi pada tanggal 19 – 20 Mei 2021. Lokasi uji operasi berada di beberapa tempat di Jakarta seperti Kelapa Gading, Pondok Indah, dan Pantai Indah Kapuk (PIK).

Sedangkan untuk wilayah Tangerang, uji operasi layanan 5G dilakukan di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), dan Alam Sutera. Seluruh proses ULO teknologi 5G Telkomsel ini sudah selesai dan dinyatakan lulus oleh Kominfo. [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0