Wi-Fi 10 GBps Disediakan untuk Asian Games 2018

Telset.id, Jakarta – Wi-Fi akan digunakan sebagai akses utama untuk sarana telekomunikasi dan internet dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang, dibandingkan menggunakan jaringan seluler.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, hal ini merupakan salah satu opsi dari skenario yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk menjamin arus informasi tetap berjalan lancar.

Selain itu, opsi ini pun dipilih agar atlet serta tim pendukung atau awak media yang berasal dari luar negeri tidak perlu mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses internet.

“Kami menyediakan bandwidth sampai 10 GB/detik. Ada 400 akses poin di stadion utama GBK disiapkan kawan-kawan Telkom,” ujar Rudiantara dalam keterangan resminya, di Jakarta, Senin (09/07/2018).

Baca Juga: Menkominfo Pastikan Sistem TI Asian Games 2018 Siap

Dijelaskannya, keputusan tersebut juga akan menjamin keandalan teknologi informasi dari sisi telekomunikasi. Ini juga diperkuat dengan ikrar yang diucapkan para operator telekomunikasi dan internet pada Jumat (05/07/2018) lalu untuk menyiapkan jaringan yang mendukung kegiatan Asian Games.

Karena memiliki kapasitas bandwidth yang besar, Rudiantara pun yakin akan membuat pengiriman laporan setiap hasil pertandingan tidak terkendala gangguan sinyal, atau gangguan telekomunikasi lainnya.

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Gabung jadi Duta Suporter Indonesia

“Ajang Asian Games membutuhkan bandwidth besar karena setiap hasil pertandingan secara berkala harus dilaporkan ke Komite pusat,” imbuh Rudiantara yang akrab dipanggil Chief RA itu.

Lanjut Rudiantara, fokus Kominfo tidak hanya saat pertandingan saja, melainkan pada acara pembukaan dan penutupan di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Sebab, kedua acara itu nantinya akan menyedot perhatian masyarakat.

Dia memastikan dalam waktu sebulan ini, seluruh arena pertandingan beserta infrastruktur telekomunikasi pendukungnya di Jakarta, Palembang serta beberapa kota di Jawa Barat akan siap untuk dipergunakan saat Asian Games dimulai.

Baca Juga: Kominfo Bakal Pangkas 40 Regulasi, untuk Apa?

“Secara umum sudah siap. Insya Allah 100% siap tinggal beberapa finishing saja di beberapa venue,” ucapnya. (WS/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0