Kominfo Minta Penjelasan Facebook Soal Bug di Fitur “View As”

Telset.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meminta penjelasan resmi dari pihak Facebook Indonesia terkait bug keamanan fitur “View As” yang mengancam bobolnya data pribadi pengguna Facebook.

Menurut Plt. Kabiro Humas Kominfo Ferdinandus Setu, pihaknya menilai jika bug tersebut bisa berdampak pada tindakan peretasan akun Facebook warga Indonesia.

“Menkominfo melalui Dirjen Aplikasi Informatika telah meminta penjelasan resmi Facebook Indonesia atas masalah keamanan pada fitur Facebook “View as”, yang disinyalir dapat berdampak pada tindakan peretasan token akses pengguna akun Facebook oleh peretas,” kata Ferdinandus dalam keterangan resminya, Senin (01/10/2018)

Permintaan tersebut sudah disampaikan melalui Surat Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI No S-259/Kominfo/DJAI/AI.05.04/10/2018 tertanggal 1 Oktober 2018 yang ditujukan kepada  Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia.

Baca juga: Hati-hati! Bug Ini Ancam 50 Juta Pengguna Facebook

Menurut Ferdinandus dalam surat tersebut, Kominfo juga meminta bagaimana langkah Facebook dalam mengatasi masalah keamanan penggunanya.

“Melalui surat tersebut, Kominfo juga meminta Facebook Indonesia untuk menjelaskan langkah-langkah yang telah dilakukan dalam menghadapi masalah keamanan pada fitur Facebook tersebut,” ucap Ferdinandus.

Terakhir dia mengatakan bahwa Kominfo sangat fokus pada isu perlindungan data pribadi warga Indonesia di internet. Apalagi pengguna Facebook di Indonesia jumlah sangat banyak.

“Kominfo sangat concern pada isu keamanan fitur Facebook ini mengingat jumlah warga Indonesia sebagai pengguna aktif media sosial Facebook mencapai 115 juta orang,” tandasnya.

Baru-baru ini, Facebook mengumumkan bahwa mereka telah menemukan bug keamanan yang bisa saja mempengaruhi hampir 50 juta pengguna Facebook. Bug tersebut dapat dimanfaatkan para hacker untuk meretas akun Facebook dengan cukup mudah.

Baca juga: Kominfo Blokir Situs Pembajak Film Wiro Sableng 212

Bug itu sendiri ditemukan Facebook pada fitur “View As”, yang memungkinkan pengguna untuk melihat seperti apa profil mereka saat dilihat oleh pengguna lainnya.

Dalam situs resminya, Facebook menyatakan bahwa bug ini bisa membuat para hacker untuk mencuri token akses Facebook, yang bisa digunakan untuk mengakses akun Facebook tanpa diketahui pemiliknya.

Sekadar informasi, token akses Facebook merupakan kunci digital untuk membuka Facebook tanpa login. [NM/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here