LG dan Intel Bawa Teknologi 5G ke Dalam Mobil

Telset.id, Jakarta – Selain menjadi ajang bagi debut jajaran smartphone terbarunya, acara Mobile World Congress (MWC) di Barcelona juga dimanfaatkan LG untuk mengumumkan kerjasamanya dengan Intel.

Kolaborasi kedua perusahaan ini terkait dengan pengembangan dan mulainya penerapan 5G berbasis teknologi telematika. Ini merupakan teknologi yang dipercaya menjadi generasi selanjutnya dari teknologi nirkabel untuk mobil.

Melalui kerjasama ini, LG dan Intel akan memanfaatkan berbagai penelitian dan keahliannya dengan ambisi menjadi yang pertama dalam memasarkan teknologi berbasis 5G. LG sendiri dikenal sebagai perusahaan penyedia berbagai produk telematika yang  mengandalkan konektivitas LTE.

5G telematika merupakan teknologi yang dipercaya dapat mengirimkan data 33 kali lebih cepat ketimbang teknologi 4G LTE. Melalui teknologi ini, pembaruan perangkat lunaknya dapat dilakukan dengan kecepatan tinggi via jaringan Over The Air (OTA). Teknologi ini pun menjanjikan kecepatan unduh video dan konten multimedia lain lebih baik melalui sistem hiburan dalam mobil yang mendukung.

Ditenagai teknologi V2X (Vehicle to Everything), kemampuan teknologi 5G dalam menurunkan tingkat waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman data antar jaringan (latency) akan tetap dimungkinkan meskipun mobil sedang dikendarai dalam kecepatan tinggi.

Komunikasi antar kendaraan, keterhubungan kendaraan dan infrastruktur maupun komunikasi kendaraan dengan pejalan kaki di sekitarnya melalui teknologi 5G ini dipercaya dapat mencegah terjadinya kecelakaan.    

Dengan menyatukan seluruh potensi teknologi milik divisi perangkat telekomunikasi bergerak dan divisi komponen kendaraannya, LG telah membuat langkah signifikan untuk memperkuat kepemimpinan di bidang telematika dalam industri mobil pintar.

Apalagi, LG telah dikenal sebagai pemasok eksklusif untuk sistem telematika bagi 4G LTE OnStar dari General Motor. Kerjasama ini telah membantu LG mengambil posisi teratas dalam telematika otomotif dengan pangsa pasar 30,1% pada 2013, 30,3% pada 2014 dan 29,9% pada 2015, menurut Strategy Analytics .

“Melalui kerjasama dengan Intel kami berharap untuk dapat membangun kepemimpinan perusahaan dengan generasi berikutnya dari produk telematika 5G,” kata Kim Jin-yong, Presiden LG Electronics Vehicle Componen In-Vehicle Infotainment Business Unit.

Sementara menanggapi kerjasama ini, pihak Intel melalui Aicha Evans selaku Corporate Vice President dan General Manager of Intel Communication and Devices Group mengatakan, ”Kami percaya kombinasi antara kepemimpinan LG dalam hal konektivitas dan keahlian Intel dalam keterhubungan kendaraan, sensor dan pembelajaran kami di dalamnya akan menciptakan teknologi inovatif berbasis 5G pada mobil.” (MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0