Kisruh Paten, Samsung Kembali Seret Apple ke Meja Hijau

Telset.id, Jakarta – Pertarungan paten antara Samsung dan Apple seperti tidak ada habisnya. Kedua raksasa teknologi ini akan kembali bertarung di pengadilan untuk menyelesaikan sengketa paten yang mengharuskan Samsung mambayar ganti rugi ke Apple sebesar Rp 5,4 triliun.

Gugatan Apple itu sebenarnya sudah diselesaikan pada tahun 2012, dengan keputusan pengadilan yang memerintahkan Samsung untuk membayar Apple lebih dari USD 1 miliar atau atau sekitar Rp 13,5 triliun. Samsung tidak menerima vonis tersebut, dan kemudian mengajukan beberapa kali banding.

Pengadilan akhirnya memutuskan Samsung diwajibkan hanya membayar USD 400 juta atau sekitar Rp 5,4 triliun. Tapi rupanya raksasa elektronik asal Korea Selatan itu masih belum puas. Samsung akhirnya kembali menyeret Apple untuk mengajukan banding atas kasus yang sama.

[Baca juga: Samsung dan Apple Juga Bersaing “Merancang Toko”]

Mengutip dari laman The Verge, keputusan ini dibuat oleh Hakim Lucy Koh dari Pengadilan Distrik Amerika Serikat untuk Distrik Utara California. Samsung diberi kesempatan hingga 25 Oktober untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Namun beberapa pengamat memandang bahwa ada 30 persen kesempatan Samsung dan Apple akan menyelesaikan masalah mereka di luar pengadilan. Bahkan kedua pihak terlihat sudah membuat kesepakatan untuk menyelesaikan kasus ini secara damai di luar pengadilan.

[Baca juga: Ternyata Alien Berbentuk Seperti Transformer dan Hidup Abadi]

Kemungkinan itu ditempuh Samsung dan Apple karena kedua perusahaan ini juga sedang menghadapi masalah tuntutan hukum yang lebih genting. Permasalahan hukum tersebut adalah soal sengketa paten yang diajukan Qualcomm pada Apple dan Samsung.

Namun, hingga kini masih belum diketahui apakah kedua perusahaan ini akan mencapai kesepakatan damai atau belum. Apakah perang paten antara Samsung dan Apple masih akan berlanjut, atau bisa happy ending dengan jalan damai? Kita lihat saja nanti.[NC/HBS]

SourceThe Verge

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI