Kinerja Moncer, Bos Apple Terima Bonus Rp 1,7 Triliun

Tim Cook

Telset.id, Jakarta – Apple baru saja mencetak sejarah di pasar saham, dengan menjadi emiten pertama di dunia yang mampu menembus kapitalisasi pasar senilai USD 1 triliun atau setara Rp 14.511 triliun. Kesuksesan itu juga berbuah manis bagi bos Apple, Tim Cook yang menuai bonus melimpah.

Menurut CNBC, dikutip  Telset.id pada Kamis (23/8/2018), pencapaian yang diraih Apple tersebut akan membuat CEO Apple, Tim Cook, semakin tajir, karena mengantongi bermacam bonus uang tunai dan juga saham.

Kabar menyebutkan bahwa orang nomor satu di Apple itu bakal kecipratan bonus dari hasil performa perusahaan senilai USD 120 juta atau setara Rp 1,75 triliun.

Baca juga: Cetak Sejarah, Kini Apple Bernilai Rp 14 Ribu Triliun

Cook akan menerima bonus itu dalam bentuk 560 ribu lembar saham Apple. Secara hitungan, apabila nilai saham Apple tidak mengalami penurunan, nilai saham yang akan diterima Cook setara dengan USD 120 juta.

Asal tahu saja, setengah dari saham tersebut hanya akan didapatkan oleh Cook jika performa kinerja Apple melampaui dua per tiga perusahaan dalam S&P 500, yakni indeks untuk melacak 500 perusahaan terbesar di Amerika Serikat. Cook sendiri yang memintanya.

Baca juga: Apple Tak Berkutik ‘Dikeroyok’ Pemain China

Ketika sah menerima bonus berupa 560 ribu lembar saham, Cook tercatat sudah menerima bonus maksimal dari perusahaan sebanyak total lima kali sejak bergabung dengan Apple. Cook kemungkinan bakal menyisihkan sebagian nilai bonus untuk kepentingan amal.

Beberapa waktu lalu, Cook mengakui bahwa Apple telah menorehkan sejarah sepanjang perusahaan berdiri pada 1976. Namun, menurutnya, kapitalisasi pasar senilai Rp 14.511 triliun bukanlah fokus utama Apple.

“Kapitalisasi pasar hingga USD 1 triliun bukan ukuran penting dari kesuksesan perusahaan. Bagi kami, parameter kesuksesan terletak pada kualitas produk, pelayanan bagi pelanggan, dan nilai-nilai perusahaan,” ujarnya lewat memo kepada 120 ribu karyawan.

Baca juga: Apple Perusahaan Paling Dikagumi dan Berharga Sejagat

Cook menyebut bahwa apa yang telah diraih oleh Apple di pasar merupakan hasil dari kerja keras dan inovasi perusahaan. Itulah yang ia maksud dengan prioritas utama Apple dalam menjalankan bisnis lewat berbagai produk. [SN/HBS]

Sumber: CNBC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here