Kantongi ISO 27001, XL Jamin Data Pelanggan Aman

Telset.id, Jakarta – Upaya XL Axiata mengamankan informasi data pelanggan akhirnya berbuah hasil. Anak usaha dari Axiata Group ini baru saja mengantongi Sertifikat ISO 27001. Dengan mengantongi sertifikasi tersebut, XL memastikan data pengguna yang melakukan registrasi kartu prabayar terjamin keamanannya.

Dengan diraihnya Sertifikat ISO 27001, menunjukkan XL telah memenuhi sejumlah ketentuan pemerintah yang ditujukan kepada pelaku industri vital dan strategis seperti telekomunikasi.

Yessie D. Yosetya, Direktur/Chief Service Management Officer XL mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan kenyamanan dan rasa aman bagi pelanggan dengan menerapkan standar internasional ISO 27001.

“Kami sebenarnya juga sudah mendapatkan Sertifikasi ISO 27001 sejak tahun 2016 lalu, namun masih dalam ruang lingkup yang terbatas pada unit bisnis yang berhubungan dengan produk enterprise,” jelas Yessie

Kemudian, lanjutnya, pada tahun ini XL memperluas lagi ruang lingkupnya hingga mencakup layanan end-to-end proteksi data pelanggan.

Yessie menandaskan, dengan berbekal Sertifikasi ISO 27001 dari British Standard Institute (BSI) tersebut, kini XL telah memiliki kemampuan yang sebanding dengan perusahaan-perusahaan kelas dunia dalam memproteksi data pelanggan.

Pencapaian atas kemampuan ini menjadi modal sangat berharga bagi XL guna meningkatkan kepercayaan pelanggan dan masyarakat luas untuk menggunakan layanan atau solusi XL Axiata.

“BSI sendiri selain sebagai badan sertifikasi ISO juga merupakan lembaga yang menjadi rujukan standarisasi di Inggris,” terangnya.

Sementara itu, beberapa peraturan yang menjadi acuan untuk pemenuhan jaminan keamanan data pelanggan antara lain adalah Permen Kominfo No.12/2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi dan Permen Kominfo No.20/2016 Tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik.

Terkait registrasi kartu prabayar, Yessie berharap dengan diraihnya Sertifikasi ISO 27001 ini akan membuat kepercayaan pelanggan terhadap XL juga semakin meningkat. Terutama dalam penanganan data-data pelanggan, karena hal ini sesuai dengan ketentuan dalam regulasi di atas.

Nilai strategis lainnya yang bisa XL peroleh setelah meraih Sertifikasi ISO 27001 adalah bahwa metode dan eksekusi yang selama ini dijalankan untuk mengamankan data pelanggan sudah mengacu sesuai dengan standar baku global.

“Selain itu XL juga telah merealisasikan amanat Undang-undang dalam melakukan perlindungan terhadap pengelolaan data pelanggan,” ujar Yessie.

Selanjutnya, kata Yessie, sertifikasi ini juga mendorong transformasi kultur perusahaan untuk memprioritaskan aspek keamanan informasi sebagai bagian dari model bisnis digital. (MS/HBS)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI