J&T Alibaba Dorong UMKM Indonesia Go Internasional

cof

Telset.id – Indonesia merupakan salah satu negara dengan UMKM terbesar di dunia. Namun sayang, penetrasi hasil UMKM Indonesia di ranah internasional masih sangatlah minim. Melihat kesempatan itu, Alibaba menggandeng J&T menjembatani pelaku UMKM Indonesia agar dapat menjual produk mereka di ranah internasional dengan membentuk J&T Alibaba.

“Kami di Alibaba berkomitmen untuk membantu memajukan perekonomian Indonesia dengan cara mendorong UMKM agar dapat menjual produk di pasar internasional dengan membentuk J&T Alibaba,” ujar¬†General Manager Oversea B2B Alibaba Jack Zhang saat acara pelunccuran J&T Alibaba, Selasa 9 Mei 2017 di Jakarta.

Oleh karena itu Direktur J&T Alibaba Oliver Yang mengatakan mereka meluncurkan program SMEKers Zone di Indonesia.

“Program ini nantinya akan memberikan konsultasi dan program pendidikan di bidang e-commerce, ekspor, dan pemasaran. Selain itu kami juga membantu memberikan akses ke kumpulan pembeli potensial dari seluruh dunia,” jelas Oliver.

Namun dia mengingatkan, untuk mengikuti program ini para pelaku UMKM harus mengikuti peraturan yang berlaku untuk menjual produksi mereka di ranah internasional.

“Pertama mereka harus memiliki izin usaha. Selain itu para UMKM juga harus bisa memenuhi permintaan pasar dan menjaga kualitas mereka. Jika persyaratan ini dapat dipenuhi, mereka bisa datang ke kantor J&T Alibaba yang tersenar di 25 lokasi di seluruh Indonesia,” lanjutnya.

Di sisi lain, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UMKM Indonesia I Wayan Dipta mengapresiasi program ini. Dia berharap dengan adanya program ini dapat memajukan UMKM di Indonesia.

“Dengan terlibatnya Alibaba sebagai marketplace tingkat dunia dapat mendorong kepopuleran produk-produk UMKM Indonesia di mata dunia,” harap dia.[NC/HBS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here