Jokowi Terpesona Perkembangan E-Commerce di Indonesia

Telset.id, Jakarta – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) terpesona dengan perkembangan dan pertumbuhan e-commerce di Indonesia.

Jokowi juga mengapresiasi bermunculannya e-commerce baru, seperti market place toko1001.id.  Rasa bangga Jokowi diungkapkan di sela-sela kunjungannya ke booth toko1001.id di ajang  “Indonesia E-Commerce Summit & Expo (IESE) 2016” yang digelar pada tanggal 27 – 28 April 2016 di ICE-BSD.

Tumbuhnya e-commerce di Indonesia yang membuat Jokowi terpesona bukan tanpa alasan. Menurut data Euromonitor, Indonesia telah menjadi pasar e-commerce terbesar di Asia Tenggara. Pada  tahun  2014, Euromonitor mencatat, penjualan online Indonesia mencapai US$ 1,1 miliar, lebih tinggi dari Thailand dan Singapura.

Namun, jika dibandingkan dengan total perdagangan retail, penjualan e-commerce di Indonesia hanya menyumbang 0.07 persen. Artinya, pasar e-commerse Indonesia berpeluang untuk tumbuh semakin besar.

Di depan booth toko1001.id tersebut, Jokowi menyempatkan diri untuk berdialog dengan pelaku e-commerce termasuk dengan para punggawa toko1001.id. Ia banyak berharap e-commerce turut serta membantu memajukan perekonomian nasional,  khususnya UMKM, serta ekenomi pedesaan.

Secara eksplisit, Jokowi berpesan agar pelaku e-commerce di Indonesia  secepatnya mengejar ketertinggalan dengan e-commerce negara lain. Pesan lain Jokowi, agar e-commerce di Indonesia terus meningkatkan  layanan yang lebih baik, memberikan keamanan, kecepatan sehingga konsumen benar-benar merasa nyaman ketika belanja online.

Sementara itu, CEO toko1001.id,  Anwar Adewidjaya merasa terhormat atas kunjungan Presiden Jokowi  ke booth toko1001.id di ajang IESE 2016.

“Ini merupakan penghargaan yang tidak ternilai harganya dunia usaha e-commerce Indonesia pada umumnya dan toko1001.id. Di mana Bapak Presiden Jokowi berkenan mengunjungi booth Kami. Kunjungan Bapak Presiden memberi semangat dan dampak serta pemahaman positif masyarakat Indonesia tentang e-commerce dan belanja online,  khususnya kepercayaan para konsumen toko1001.id” ungkap Anwar.

Menyikapi himbauan Presiden Jokowi, Anwar mengatakan bahwa sebagai market place, toko1001.id terus membenahi dan melakukan seleksi para mitra bisnisnya (tenant). Mereka yang tergabung sebagai tenant  toko1001.id sudah melalui prosedur serta seleksi ketat. Agar produk-produk yang dipasarkan di toko1001.id tidak mengecewakan para konsumen.

Lebih lanjut Anwar mengatakan, toko1001.id menjamin keamanan seluruh transaksi yang dilakukan oleh konsumen,  baik dari aspek produk, metode pembayaran, dan pengiriman.

Selain itu, untuk lebih menjaga keamanan konsumen, toko1001.id  menjamin pengembalian dana secara utuh, jika terjadi klaim atas pengiriman barang yang tidak sesuai pesanan. Untuk hal ini, konsumen diberikan waktu 7×24 jam.

Kecepatan pengiriman barang juga merupakan prioritas layanan toko1001.id, di mana untuk wilayah Jabodetabek, pengiriman barang ditargetkan 1 x 24 jam telah terkirim dan gratis ongkos kirim.

“Komitmen inilah yang dipegang toko1001.id, menawarkan belanja online dengan konsep Aman, Cepat dan Nyaman.  Memberi jaminan keamanan, dan kecepatan untuk membuat konsumen merasa nyaman ketika berbelanja di toko1001.id. Kami juga senantiasa akan mewujudkan himbauan dan keinginan Bapak Presiden Jokowi untuk terus memperbaiki pelayanan dan pengembangan toko1001.id,” ungkap Anwar.

Sebagai market place, toko1001.id menyediakan beragam kategori produk untuk kebutuhan masyarakat, mulai dari fashion, handphone & tablet, kesehatan & kecantikan, hobby & jam tangan, kamera, komputer, elektronik & Audio, aksesoris otomotif  serta barang lainnya.

Toko1001, menyiratkan makna, bahwa 1001 macam produk tersedia di toko1001.id, untuk memenuhi 1001 macam kebutuhan konsumen Indonesia.

“Kami juga mengakomodir UMKM sebagaimana himbauan Bapak Presiden Jokowi. Beberapa produk kami ada yang dihasilkan oleh para UMKM,”ucap Anwar. (MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI