Jelang Lebaran, Pengguna XL Makin Getol Buka Socmed

Telset.id, Jakarta – Selama tiga hari jelang Lebaran, XL Axiata mencatat telah terjadi peningkatan pesat penggunaan layanan Data internet di ponsel pelanggannya. Penggunaan media sosial menjadi aktiftas favorit bagi pelanggan.

“Tiga hari jelang Lebaran ini, perilaku pelanggan dalam menggunakan layanan data cenderung mengalami kenaikan, terutama aktifitas di media sosial,” kata Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya dalam keterangannya, Sabtu (24/6/2017).

Ia mengungkapkan, bahwa terlihat penggunaan media sosial mulai dari streaming YouYube, Facebook, Instagram, WhatsApps Messenger dan Twitter sangat mendominasi trafik layanan XL. Diperkirakannya akan semakin meningkat saat Lebaran dan beberapa hari setelahnya.

Selain itu, menurut Yessie, tiga hari menjelang Lebaran juga mulai terlihat adanya perpindahan aktifitas komunikasi pelanggan dari wilayah Jabotabek ke berbagai lokasi di Jawa Barat, Jawa Tengah & DIY serta Jawa Timur. Pelanggan yang berpindah dari Jabotabek tersebut sudah mencapai 1,5 juta  pelanggan.

[Baca juga: 1,5 Juta Pelanggan XL Sudah Tinggalkan Jabodetabek]

Akibat arus mudik itu, sehingga dampaknya jumlah pelanggan XL yang melakukan aktifitas komunikasi di Jawa Barat meningkat sebesar 12,5%, Jawa Tengah & DIY 16%, Jawa Timur 13%.

“Peningkatan ini kami perkirakan akan terus terjadi hingga periode tiga hari setelah Lebaran,” tukasnya.

Selama periode mudik dan lebaran, trafik layanan XL diperkirakan akan mengalami kenaikan antara 20% hingga 30% untuk penggunaan layanan Data, serta 5% untuk layanan SMS dan percakapan.

XL sendiri telah meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 2-3 kali lipat di beberapa lokasi mudik dibanding hari-hari biasa. Dengan penambahan kapasitas tersebut, operator telekomunikasi dengan brand XL dan AXIS ini optimis akan mampu mengatasi terjadinya lonjakan trafik yang signifikan.

Secara khusus, XL juga memanfaatkan teknologi MME dan MSS in Pool di jaringan core yang akan memudahkan pengalihan kapasitas dari area yang kelebihan kapasitas ke area yang memerlukan tambahan kapasitas.

“Kami berharap akses ke berbagai layanan Data bisa lebih nyaman, termasuk upload foto-foto atau video selama liburan dan mudik Lebaran,” pungkas Yessie.

Hingga saat ini layanan XL 4G LTE XL telah dinikmati oleh lebih dari 15 juta pelanggan di 288 kota/kabupaten di berbagai wilayah Indonesi, dengan dukungan lebih dari 13.000 BTS 4G.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI