Jaringan XL di Bali Siap Hadapi Lonjakan Trafik Liburan

Foto: Faisal/Telset.id

Telset.id, Bali – Beberapa saat lagi masyarakat Indonesia akan menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan yang dilanjutkan dengan dirayakannya Hari Raya Idul Fitri yang identik dengan kegiatan mudik yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Menurut operator salah saru operator Indonesia, XL Axiata, mudik di tahun ini bahkan akan menjadi “mudik digital” yang diawali dengan pergeseran perilaku masyarakat Indonesia yang hampir semua kebutuhan mudiknya membutuhkan sebuah gadget plus paket internet untuk bisa memesan tiket pesawat, kereta, gotel dan lainnya secara online.

“2017 akan jadi tahun mudik digital,” kata Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, di Acara Media Gathering 2017 di Bali, Senin (08/05/2017).

Karenanya XL pun melakukan uji jaringan di beberapa titik yang dilalui oleh para pemudik termasuk tempat-tempat utama yang menjadi destinasi wisatawan saat libur panjang lebaran nanti. Salah satu lokasi yang dijadikan uji jaringan operator berwarna biru tersebut adalah kawasan Bali.

Dalam uji jaringan yang dilakukan XL, rute yang diambil sendiri merupakan jalur yang utama yang  banyak ditemui lokasi-lokasi wisata yang strategis yakni Bandara Ngurah Rai – Bypass Sanur – Batubulan – Singapadu – Ubud – Seminyak – Kuta dengan jarak total kira-kira 50 km.

Hasil dari uji jaringan tersebut pun diungkapkan oleh VP Service Operation Management XL Axiata,  I Gede Darmayusa. Menurutnya dari hasil uji jaringan itu, koneksi 4G LTE yang ter-cover oleh XL sudah mencapai 85%, sedangkan untuk koneksi 3G sudah sempurna dengan perolehan 100%.

“Kekuatan sinyal sudah di atas 95% dengan kualitas mencapai 85%,” katanya.

Lanjut menurutnya, ke depannya pihaknya akan terus melakukan optimasi jaringan hingga menjelang lebaran untuk memberikan hasil yang terbaik demi kenyamanan pelanggannya.

Saat dilakukan uji jaringan pun, kami juga mencoba sendiri koneksi saat perjalanan. Hasilnya, benar saja koneksi 4G LTE XL di Bali cukup stabil meski kadang bergantian dengan koneksi H+. Namun secara overall, koneksi 4G LTE XL di Bali sudah memuaskan bagi pengguna yang hanya sekedar update media sosial atau bahkan streaming YouTube. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here