iPhone ‘Made in India’ Segera Jadi Kenyataan

Telset.id, Jakarta – Selain China, India menjadi pasar yang menggiurkan bagi para pabrikan ponsel. Negeri Bollywood ini pun menjadi bidikan Apple, maka tak heran jika raksasa Cupertino itu berniat menempatkan pabrik perakitan iPhone di India.

Rencana Apple tersebut sudah cukup lama berhembus, dan sepertinya tidak bertepuk sebelah tangan. Pasalnya, pihak otoritas di India kabarnya menyambut baik rencana Apple untuk berinvestasi di India dengan membangun pabrik iPhone di sana.

Pabrik iPhone di India ini memang bukan dibangun oleh Apple secara langsung, melainkan akan dibawah bendera Foxconn, yang adalah mitra manufaktur Apple untuk memproduksi iPhone.

Kabar ini kembali menghangat setelah media setempat, India Times, melaporkan bahwa Foxconn telah mendapat restu dari pemerintah India untuk membangun pabrik di sana. Lokasi pabrik iPhone ini bahkan sudah diketahui, yakni di negara bagian Maharashtra, dengan luas tanah 1.200 are atau sekitar 485 hektar.

India Times menyebutkan bahwa pembangunan fasilitas pabrik yang akan dibangun Foxconn itu diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar USD 10 miliar atau setara Rp 132 triliun.

Pabrik ini nantinya hanya akan memproduksi produk-produk Apple saja. Jika proses penandatangan perjanjian dengan pemerintah India rampung, maka ditargetkan pabrik pembuatan iPhone ini akan mulai beroperasi 18 bulan mendatang.

Sama seperti di Indonesia, pemerintah India juga menerapkan aturan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 30% bagi para vendor ponsel yang ingin memasarkan produknya di India.

Lewat program yang mereka namakan ‘Make in India’, pemerintah setempat mendorong para investor asing untuk mau berinvestasi di India. Sebelumnya, Xiaomi juga sudah lebih dulu membangun pabrik di India, dan kabarnya Lenovo juga menyatakan ketertarikannya.

Jika semua ini berjalan sesuai rencana, maka tak lama lagi kita akan dapat melihat iPhone yang mencantumkan tulisan “Made in India”. Tentunya hal itu akan menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi India. Well, lantas bagaimana dengan Indonesia? [HBS]

 

SourceGSMArena

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0