Inggris Sudah Pakai Mobil Otonom untuk Kirim Barang

Telset.id, Jakarta – Mobil yang bisa bergerak otomatis tanpa pengemudi atau mobil otonom (autonomous car) sudah semakin banyak diterapkan pada jenis kendaraan dan bidang pekerjaan. Seperti misalnya untuk mobil umum, truk sampah, shuttle bus, dan kini sudah digunakan untuk layanan pesan antar.

Adalah Kota London yang tengah menguji coba teknologi autonomous car untuk layanan pesan antar bernama CargoPod. Layanan ini dibantu oleh Oxbotica, divisi self-driving dari Oxford University dan Ocado Technologies.

[Baca juga: Setelah Autonomous Car, Kini Muncul “Self-driving Potato”]

Dengan adanya CargoPod, Ibu Kota Inggris tersebut nantinya akan memiliki kendaraan berupa van yang dapat mengantarkan pesanan barang kepada pelanggan secara otomatis tanpa ada pengemudi di dalamnya. Mobil otonom ini juga sebagai alat kampanye ‘Go Green’ karena diberi tenaga listrik yang bebas emisi.

CargoPod sendiri, seperti dilansir dari Mashable, ditanamkan sistem otomatis bernama Selenium Oxbotica. Meski disematkan teknologi autonomous car di dalamnya, CargoPod masih harus didampingi oleh seorang petugas selama dalam tugas mengantarkan baran pesanan.

[Baca juga: Keren! Kampus Ini Sudah Punya Autonomous Shuttle Bus]

Hal ini karena aturan di Inggris yang mengharuskan adanya seorang petugas atau seorang yang ahli di dalam sebuah kendaraan otonom yang harus bisa mengambil kendali jika terjadi kesalahan.

CargoPod hingga saat ini diklaim sudah mengirimkan lebih dari 100 kiriman kepada para pelanggan di wilayah London. Terhitung sukses memang, namun saat ini Oxbotica dan Ocado Technologies sedang berfokus pada hal lainnya, yakni soal reaksi masyarakat ketika pesanan mereka diantar oleh kendaraan otonom. (FHP/HBS)

SourceMashable

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI