Indosat Ooredoo Hutchison Resmi Matikan Sinyal 3G

Telset.id, Jakarta – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mengumumkan kalau perusahaan telah melakukan upgrade jaringan 3G ke 4G. Dengan kata lain, Indosat sudah tidak lagi mengoperasikan jaringan 3G di Indonesia.

Seperti diketahui bahwa sudah banyak operator seluler yang menghentikan jaringan 3G, dan tidak terkecuali yang telah dilakukan oleh Indosat Ooredoo Hutchison.

Menurut, Director and Chief Regulatory IOH, Muhammad Danny Buldansyah saat ini jaringan Indosat hanya ada jaringan 4G dan 5G. Dengan begitu, pengguna sudah tidak lagi akan mendapatkan sinyal 3G.

“Saya sebutkan kalau gak ada lagi jaringan 3G. Jaringan kami semua adalah 4G dan 5G,” ujar Buldansyah dalam acara press conference Perayaan 100 Juta Pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison, di Kantor Pusat Indosat pada Jumat (09/12/2022).

Lebih lanjut, Danny mengatakan kalau Indosat Ooredoo Hutchison tidak melakukan pengurangan atau penambahan BTS selama menghentikan jaringan 3G. Dengan begitu proses upgrade jaringan 4G menjadi lebih efisien.

BACA JUGA:

“Kita bukan shutdown 3G, kita convert. Sebetulnya jumlah BTS-nya akan tetap sama, cuma yang tadinya 3G terus memakai 4G. Makanya 4G itu lebih efisien dan efektif,” tutur Danny Buldansyah.

Pada kesempatan yang sama, Buldansyah juga memberikan update terkait integrasi jaringan pasca merger Indosat-Tri, yang kini menjadi Indosat Ooredoo Hutchison. Integrasi jaringan segera selesai, dan Buldansyah menargetkan integrasi selesai pada kuartal pertama (Q1) tahun 2023.

jaringan 3G Indosat Ooredoo Hutchison
Director and Chief Regulatory IOH, Muhammad Danny Buldansyah (Tengah)

“Kita akan menyelesaikan integrasi jaringan sampai  kuartal pertama 2023. Jadi integrasi jaringan  sebagiaan besar akan selesai di tahun ini dan sisanya di kuartal pertama tahun 2023,” ungkap Buldansyah.

Sementara untuk pengembangan jaringan 5G, dijelaskan pula kalau jaringan 5G Indosat telah tersedia di 8 kota yakni Solo, Balikpapan, Jakarta, Bali, Surabaya, Karawang, Lampung dan Makassar.

BACA JUGA:

Rencananya, tahun depan jaringan 5G akan diperluas di beberapa kota di Indonesia sambil melihat perkembangan ekosistem pendukung dari jaringan tersebut.

“Jaringan 5G akan lebih banyak lagi tapi kita belum bisa rilis angkanya. Kita masih lihat handset, adaptasinya jaringan 5G ini. kita lagi lihat di daerah mana yang handset udah ready untuk 5G, dan seberapa besar,” tutup Buldansyah. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0