Indonetwork Pacu UMKM Karawang Go Online to Go Global

Telset.id, Jakarta – Indonetwork.co.id, e-commerce market place dan direktori bisnis terbesar serta terlengkap di Indonesia aktif berpartisipasi dalam pemberdayaan para pengusaha usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Bekerja sama dengan Dinas Koperasi & UMKM Karawang dan PT. Pos Indonesia, Indonetwork.co.id melaksanakan acara BIMTEK (Bimbingan Teknologi) di kabupaten Karawang yang dulu terkenal dengan julukan daerah lumbung padi ini.

“Di acara ini kami fokus memberikan edukasi bisnis melalui internet kepada para pengusaha UMKM, mencakup pengenalan mengenai internet dan implikasinya dalam berbisnis. Juga mengajarkan bagaimana mengembangkan bisnis secara online. Kami ingin rekan-rekan pebisnis maupun pengusaha UMKM Karawang dapat menggunakan dan mendapatkan manfaat maksimal dari teknologi internet dan tumbuh bersama kami.” ujar Ryn Hermawan selaku Co Founder Indonetwork.co.id.

Saat ini Indonetwork.co.id telah memiliki satu juta member tergabung dalam komunitas, Indonetwork juga diakses jutaan visitor domestik maupun internasional. Dengan bergabung bersama Indonetwork.co.id, berkesempatan mempromosikan produk dan perusahaannya kepada seluruh pengguna website .

“Dengan lebih dari 150 ribu visitor setiap hari atau lebih dari 4,5 juta visitor per bulannya ke website kami, potensi bisnis yang dapat direalisasikan setiap member sangat besar,” ujar Wisnu Purnama Aji, CFA, selaku Head of Business Intelligence, Development and Strategy Indonetwork.co.id.

Optimisme Indonetwork.co.id sangat tinggi melihat geliat industri e-commerce di Indonesia yang terus berkembang pesat. Bahkan diprediksikan akhir tahun 2016 total nilai transaksi industri e-commerce Indonesia mencapai Rp 283 triliun, sebagian besarnya disumbangkan segmen B2B.

“Kami menargetkan pengunjung kami tumbuh hingga lebih dari 10 juta visitor per bulannya pada akhir tahun 2016. Dengan menawarkan fitur yang tepat dengan inisiatif yang tepat, kami optimis target kami akan tercapai. Pelatihan Bimtek di Karawang ini salah satu inisiatif yang kami lakukan dan akan kami lakukan secara kontinu sebagai komitmen kami terhadap dunia bisnis dan UMKM di Indonesia.” Tambah Wisnu.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang Drs.H.Asep Junaedi,M.Pd sangat senang adanya Bimtek UMKM yang bersinergi dengan Indonetwork dan PT Pos. Terlebih potensi UMKM di Karawang sampai Desember 2015 mencapai 38.904 UMKM.

“Selama ini andalan UMKM Karawang selain aktif promosikan produknya melalui pameran, promosi, pasar modern, rest area dan individu. Juga pembinaan melalui fasilitasi dan bimbingan teknis serta studi banding. Dengan pengenalan dan pelatihan internet yang dilakukan Indonetwork ini nantinya UMKM kita harus bisa lebih berkembang. Karena pasarnya tidak saja Karawang, Indonesia bahkan dunia,” jelasnya.

Asep Junanedi menambahkan Karawang memiliki beragam produk unggulan. Dari kerajinan seperti eceng gondok, anyaman bambu, Boneka , Kerang, Tas dari Kulit Reptil. Untuk makanan seperti opak ketan, pindang ikan, jamur merang, jajan pasar serta produk sparepart mesin dan kendaraan yang tergabung dalam APEK (Asosiasi Pengusaha Enginering Karawang)

“Secara khusus produk unggulan UMKM Karawang belum ada yang menembus pasar global. Tetapi ada produk yang sudah diminta oleh negara Jepang dari produk sparepart mesin dan kendaraan dari pelaku usaha APEK. Harapannya makin banyak produk UMKM yang bisa go global mengingat peluang terbuka luas,” ujar Asep. (MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here