Telset.id, Jakarta – Honor Indonesia menegaskan komitmennya untuk bersaing di pasar smartphone tanah air dengan strategi jangka panjang untuk fokus pada segmen mid-range dan premium.
Hal ini sebagaimana diungkap Victor Yu selaku Marketing Director Honor South Pacific pada acara hands-on di Jakarta, Selasa (11/2/2025). Menurutnya, perusahaan memilih fokus pada produk X series dan number series, seperti Honor X9 yang dikategorikan sebagai entry-level mid-range.
“Strategi ini diharapkan dapat menarik konsumen yang mencari smartphone dengan keseimbangan antara harga dan fitur,” kata Victor.
BACA JUGA:
- Wow! Honor Patenkan Teknologi HP Lipat Multi-directional
- Bos Honor: Kami Punya Potensi Lampaui Huawei dalam Persaingan
Ini menjawab pertanyaan tim Telset terkait alasan Honor tak membawa ponsel entry-level di kelas harga yang lebih terjangkau. Honor ingin fokus pada pengalaman pengguna dan teknologi yang lebih canggih.
“Kami mengetahui bahwa di Indonesia ponsel entry-level sangat digemari karena harganya yang murah. Pada saat pertama kali di Indonesia kami mengejar profit hingga market share. Namun, saat ini itu bukan fokus utama kami. Kami lebih memilih perangkat dengan teknologi terkini,” jelas Yu.
Untuk memenuhi regulasi pemerintah tanah air, Victor juga menjelaskan bahwa perusahaannya akan memproduksi perangkatnya secara lokal di Batam dengan menggandeng mitra manufaktur dalam negeri.
Meski begitu, detail lebih lanjut mengenai kerja sama ini akan diumumkan saat peluncuran resmi produk mereka. Dengan langkah ini, Honor menunjukkan keseriusannya dalam membangun kehadiran yang kuat di Indonesia.
Selain menghadirkan produk, Honor juga mengutamakan layanan purna jual sebelum penjualan. Saat ini, mereka telah memiliki delapan pusat layanan yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, terutama di Pulau Jawa.
Bahkan sebelum produk mereka tersedia di pasar, perusahaan telah berinvestasi dalam layanan purna jual, yang menandakan komitmen mereka dalam membangun kepercayaan konsumen.
Dalam beberapa tahun ke depan, Honor menargetkan untuk menjadi salah satu dari tiga merek bernilai terbaik di Indonesia, mengikuti kesuksesan di Malaysia yang telah mencapai posisi serupa setelah Samsung dan Apple. Dengan strategi berbasis nilai dan layanan yang kuat, mereka optimistis dapat meraih pangsa pasar yang signifikan.
BACA JUGA:
- Ramaikan Pasar AI, Beragam HP China akan Terintegrasi DeepSeek
- Lama Absen, Honor Kembali ke Indonesia dengan 3 HP!
Selain itu, Honor juga mempertimbangkan kemungkinan menghadirkan produk khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar Indonesia. Dengan populasi yang besar dan permintaan smartphone yang terus meningkat, Indonesia menjadi pasar potensial yang dapat mendorong inovasi dan pengembangan produk di masa depan. [FY/IF]