Hebat! Remaja 18 Tahun Bikin Satelit Teringan di Dunia

KalamSat

Telset.id, Jakarta – Biasanya satelit yang terbang di luar angkasa berbobot ribuan kilogram, namun berbeda dengan satelit buatan remaja berumur 18 tahun asal India ini. Ya, satelit buatannya ini menjadi satelit teringan di dunia.

Remaja bernama Rifath Sharook sedang bersiap untuk meluncurkan satelit teringan di dunia bernama KalamSat yang hanya berbobot sekitar 64 gram saja. KalamSat sendiri akan diluncurkan oleh roket NASA pada 21 Juni mendatang di Wallops Island.

“Peran utama satelit ini adalah untuk mendemonstrasikan kinerja dari cetakan 3D serat karbon,” katanya seperti dikutip dari Times of India, Senin (15/05/2017).

Ia menjelaskan, jika satelit yang memenangkan sebuah kontes bernama “Cubes in Space” yang diselenggarakan oleh NASA dan organisasi “I Doodle Learning” itu akan melakukan penerbangan sub-orbital dan post-launch dengan rentang misi selama 240 menit. Satelit itu sendiri menurutnya akan beroperasi selama 12 menit di lingkungan gravitasi mikro.

“Kami melakukan banyak penelitian dari banyak satelit kubus di seluruh dunia. Dan kami menemukan bahwa satelit buatan kami yang paling ringan,” klaim Rifath.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here