Hati-hati! Perangkat Pintar di Rumah Rawan Diretas

Telset.id, Jakarta – Beberapa penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP) di Amerika Serikat memberikan peringatan jika peralatan di rumah Anda mungkin telah dibajak para peretas. Para “dedemit” dunia maya kini mulai mengincar peralatan rumah tangga yang terkoneksi ke internet.

Hal ini diungkapkan oleh Armstrong Zoom, seorang petinggi dari salah satu perusahaan ISP di AS. Dia mengatakan bahwa ada kemungkinan, para peretas sudah melakukan ‘pembajakan’ terhadap perangkat rumah tangga.

[Baca juga: Spesifikasi Lengkap Nokia 3310 4G Terungkap]

“Harap diperhatikan, bahwa peretasan dapat masuk dalam perangkat lain yang terhubung ke internet, seperti perangkat dengan kemampuan mengendalikan termostat Anda dari jarak jauh atau layanan pemantauan video,” ujar Armstrong dalam sebuah surat pemberitahuan, seperti dikutip dari laman Ubergizmo.

Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara yang bisa dilakukan oleh para perusahaan ISP, dalam rangka menghentikan kasus peretasan yang terjadi kepada para pelanggannya. Hal ini dikarenakan kasus pembajakan di kawasan rumahan kian sering terjadi.

Resiko yang dapat dirasakan oleh para korban pun beragam. Salah satu contohnya adalah saat peretas mendapatkan kontrol di termostat, bisa saja orang menjadi sakit dikarenakan mereka dapat menurunkan suhu di dalam ruangan tanpa sepengetahuan pengguna.

[Baca juga: Google Siapkan Rencana Saingi Amazon di CES 2018]

Oleh karena itu, Armstrong mengingatkan bahwa ada beberapa gejala umum jika sebuah rumah telah diretas. Salah satunya adalah kecepatan internet yang sangat menurun yang dikarenakan akses berlebihan yang dilakukan oleh para peretas.

Maka dari itu, jika Anda mengalami hal seperti di atas, segera hubungi perusahaan ISP Anda untuk dilakukan diagnosa. Hal ini tentunya dilakukan untuk melindungi data rahasia yang kemungkinan bisa dicolong peretas. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here