Harbolnas 2017 Bantu UMKM Melek Bisnis Digital

Telset.id, Jakarta  – Perhelatan diskon akbar tahunan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) kembali akan digelar tahun ini. Dengan mengusung tema #BelanjaOnlineBersama, Harbolnas tahun ini bertujuan ingin mendukung UMKM mengembangkan bisnis digital.

Disebutkan, Harbolnas yang akan digelar tanggal 12 Desember 2017 nanti ingin mendukung agenda pemerintah, yaitu meningkatkan para UMKM untuk dapat mengembangkan bisnis mereka melalui kanal digital agar dapat menjangkau konsumen yang lebih luas lagi di seluruh Indonesia.

Menurut Achmad Alkatiri, Ketua Panitia Harbolnas 2017, dalam perjalanannya dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan pembelanjaan yang signifikan oleh masyarakat di saat Harbolnas. Tak hanya jumlah partisipan yang terus bertambah, tercatat juga jumlah penjualan yang selalu meningkat.

Dengan persiapan yang maksimal, kami yakin akan terjadi peningkatan sebanyak dua kali lipat pada penjualan Harbolnas 2017 nanti,” ujar Achmad di Jakarta, Kamis (16/11/2017).

Melihat kembali kesuksesan Harbolnas di tahun 2016, survey Nielsen mencatat nilai total transaksi hingga 3.3 triliun rupiah per harinya. Tingginya angka penjualan di tahun 2016 juga menemukan fakta-fakta menarik, yaitu meningkatnya penggunaan paket data internet.

Tercatat 61% pengguna Internet berbelanja ketika Harbolnas dan 71% mengatakan smartphone adalah perangkat utama untuk online, dan sekitar 77% pengguna mengunjungi toko atau situs berbelanja setelah melakukan pencarian umum melalui ponsel mereka, dengan estimasi penggunaan juga meningkat hingga hampir 2 jam.

Berbeda di tahun-tahun sebelumnya, Harbolnas tahun ini juga memberikan peluang yang lebih luas lagi bagi seluruh penjual barang online yang menjual barang mereka melalui platform Instagram.

Di tahun ini juga, Panitia Harbolnas 2017 telah mempersiapkan rangkaian kegiatan dan roadshow Bersama dengan para UMKM di tiga kota di Indonesia, yaitu Surabaya, Makassar dan Medan.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan bahwa pihaknya sangat menyambut baik hadirnya Harbolnas di setiap tahunnya

“Dengan berjualan online dapat meningkatkan pendapatan UMKM hingga 26% dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja yang berimbas pada peningkatan ekonomi nasional secara berkala dan bertahap,” ujar Rudiantara.

Mitra yang hadir di event ini antara lain Ibu Vira Widiyasari, Group Head Credit Cards Group, PT Bank Mandiri, Rizki Siwu, Vice President of Merchant Business, DOKU, Indra Yonathan, Country General Manager ShopBack Indonesia, Piotr Jakubowski, CMO Go-Jek, Rusdy Sumantri, Director The Nielsen Company. [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0