Google Rayakan Ulang Tahun ke-25 Rafflesia Arnoldii

Telset.id, Jakarta – Rafflesia Arnoldii merupakan salah satu bunga dari tiga Bunga Nasional, dan menjadi kebanggaan Indonesia. Hari ini Google ikut merayakan ulang tahun bungan yang memiliki ciri khas bau yang menyengat itu lewat Google Doodle.

Rafflesia Arnoldii dikukuhkan menjadi Bunga Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993 yang di teken oleh Presiden Soeharto. Selain Rafflesia Arnoldii, Indonesia juga memiliki dua bunga nasional, yakni Melati dan Anggrek Bulan.

[Baca juga: UPoint Berikan Kemudahan untuk Para Gamers]

Yang lebih spesial lagi, tepat pada 9 Januari 2018 ini, ditandai sebagai perayaan ‘ulang tahun’ pengukuhan Rafflesia Arnoldii sebagai bunga nasional. Oleh karena itu, Google pun menyambut perayaan ini.

Bunga ini pertama kali ditemukan oleh Dr. Joseph Arnold dan seorang pemandu, yang kala itu tengah mengikuti ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles di hutan tropis Bengkulu pada tahun 1818.

[Baca juga: Robot ‘Justin’ Bantu Manusia Bangun Rumah di Mars]

Oleh karena itu, penamaan bunga Rafflesia Arnoldii pun diambil dari gabungan nama Thomas Stamford Raffles sebagai pimpinan ekspedisi dan Dr. Joseph Arnold sebagai penemu bunga.

Selain baunya yang khas, bunga ini pun memiliki ciri khas lainnya. Saat tumbuh dan siap untuk bereproduksi, bunga yang sering disebut Bunga Bangkai oleh warga sekitar ini dapat tumbuh hingga 1 meter, jauh lebih besar dari bunga biasanya. [NC/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here