Google Fiber Diuntungkan Regulasi FCC, Soal Apa?

Telset.id, Jakarta – Awan keberuntungan nampaknya muncul menaungi Google Fiber karena komisi Komunikasi Federal (FCC) Amerika akan merilis regulasi yang membantu operasional perusahaan itu.

Otoritas komunikasi negara Paman Sam itu berencana merilis aturan yang akan memberi akses kepada setiap perusahaan untuk menggunakan tiang telepon di sana. Ini memberi angin segar untuk perusahaan seperti penyedia internet baru, karena saat ini jika ingin menambahkan jalur harus meminta perusahaan telekomunikasi untuk melakukannya.

Komisi Federal itu, seperti dilansir engadget.com, Sabtu (14/7/2018), sedang mempertimbangkan untuk menerapkan pengaturan One Touch Make Ready (OTMR) nasional. Aturan ini akan memungkinkan perusahaan menambahkan kabel mereka sendiri tanpa harus meminta izin FCC. Singkatnya, ini dapat sangat membantu Google mempercepat peluncuran solusi internet berkecepatan tinggi.

Dalam posting blog resminya, Google mengakui bahwa jumlah akses dan ruang pada utilitas dan tiang telepon untuk memasang peralatan komunikasi telah memperlambat ekspansi Google Fiber.

Akses ke dan dari real estat pada infrastruktur komunikasi sangat penting bagi peluncuran internet berkecepatan tinggi di Eropa pada awal dekade ini. Hal serupa juga tetap berlaku dan penting di Amerika Serikat.

Google benar-benar mendapat manfaat dari aturan OTMR yang diimplementasikan secara lokal, setidaknya sampai perusahaan telekomunikasi ikut campur tangan. Contohnya adalah ketika Comcast menggugat kota Nashville pada 2016 untuk membatalkan undang-undang (UU) baru.

baca juga: Google akan Pakai Laser untuk Sebar Internet di India

Ketika FCC siap untuk mempertimbangkan utilitas perusahaan telekomunikasi dan penyedia internet Title II pada awal 2015, Google meminta untuk dimasukkan dalam kelompok itu. Pasalnya, itu akan memberikan perusahaan itu akses ke tiang telepon, bukan dipaksa menggali parit untuk jalur kabelnya.

Seandainya Komisi Federal ini jadi menerapkan kebijakan OTMR, maka tidak akan mengejutkan jika ada tentangan keras dari perusahaan telekomunikasi dan penyedia layanan internet tradisional. Tetapi itu bisa berarti Google Fiber akan dapat beralih dari jalur nirkabel utamanya kembali ke komunitas baru yang mengaitkan dengan jaringan berkecepatan tinggi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI