Genjot Transaksi Online, Alfacart Gunakan Cloud F5

Telset.id, Jakarta – Alfaonline, saluran e-commerce dari Alfamart, kini bertransformasi menjadi Alfacart.com, jaringan convenience store besar toko online dan marketplace yang menghubungkan lebih dari 13 ribu gerai Alfamart di seluruh Indonesia.

Menyusul transformasi itu, Alfacart kini menggunakan cloud F5 untuk menggenjot proses transaksi online, sekaligus memperkuat keamanan aplikasi dan manajemen trafik webnya.

“Alfacart.com mampu memproses jumlah transaksi online sepuluh kali lipat setiap harinya, dibandingkan sebelum menggunakan F5. Ini merupakan perubahan yang sangat positif karena operasional online adalah inti dari bisnis kami,” kata Vice President of Information Technology Alfacart Dendy Pramudito dalam keterangan resminya kepada Telset.id, Rabu (18/7/2018).

Menurut Dendy, Alfacart menerapkan strategi online-to-offline untuk mengembangkan model bisnisnya agar bisa menjadi marketplace, tempat para merchant menjual produk-produknya. Langkah ini dinilai revolusioner karena mencakup antara lain jaringan geografis toko fisik yang menjadi tempat pengambilan (penjual untuk menitipkan produknya atau pembeli jika ingin mengembalikan barang), pengiriman dan pembayaran.

Alfacart, lanjut dia, menjangkau calon pelanggan melalui pemasaran digital dan melakukan promosi online untuk menyampaikan  inforrmasi mengenai model bisnis baru ini kepada khalayak. Sebagai konsekuensinya, trafik pada situs tumbuh pesat sehingga tim IT perusahaan itu harus bekerja lebih keras.

Pasalnya, tim ini harus memastikan infrastruktur IT Alfacart cukup mumpuni dalam menyediakan dan mendukung perkembangan layanan marketplace. Untuk mencapai tujuan tersebut, mereka harus melakukan desain ulang data center dan melakukan pembaruan peralatan IT perusahaan yang secara teknologi sudah mulai ketinggalan.

“Yang paling penting kami membutuhkan pembaruan teknologi agar bisa mengatasi berbagai tantangan yang ada serta memenuhi kebutuhan di masa mendatang seiring perubahan bisnis kami,” kata Dendy.

Dia mengatakan pihaknya bisa dengan mudah dan cepat mengidentifikasi masalah, khususnya dalam proses transaksi, karena didukung infrastruktur F5 yang dapat segera mendeteksi masalah pada aplikasi atau pun database.

Dengan aplikasi cloud, website Alfacart.com yang didukung oleh F5 dapat menerima transaksi online pada saat bersamaan dalam jumlah besar. Laman tersebut menawarkan proses yang ringkas dengan penyediaan dan routing konten pada satu titik.

“Optimalisasi situs ini juga berarti waktu loading yang cepat dengan konsumsi sumber daya komputasi dengan lebih sedikit,” pungkas dia. [WS/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI