Facebook Dirikan Data Center di Singapura

Telset.id, Jakarta – Facebook telah menyiapkan investasi sebesar USD 1 miliar atau setara dengan Rp 14,8 triliun untuk membangun data center pertamanya di Singapura. Dilaporkan, data center Facebook itu bakal resmi dibuka pada tahun 2022 mendatang.

Nantinya, data center Facebook akan dibangun di sebelah barat Singapura, dekat dengan data center kepunyaan Google. Sebelumnya, Google mengalokasikan dana USD 850 juta atau Rp 12,6 triliun untuk membangun data center di Singapura.

Baca Juga: Facebook Bikin “Ruang Perang” untuk Pantau Pemilu

“Data center di Singapura akan menopang seluruh pengguna di negara-negara kawasan Asia,” kata VP of Infrastructure Data Center Facebook, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (07/09/2018).

Facebook mengatakan, data center tersebut berada di area seluas 170 ribu meter persegi dan diproyeksikan bakal menyerap ratusan tenaga kerja. Sebelum di Singapura, Facebook sudah membangun pusat data di Amerika Serikat, Irlandia, Swedia, serta Denmark.

Selain fokus untuk membangun data center baru, Facebook sendiri tengah berusaha untuk mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 75 persen. Sebab, beberapa waktu lalu, raksasa media sosial ini menyatakan bakal 100 persen menggunakan energi terbarukan pada akhir tahun 2020 mendatang.

Baca Juga: Facebook Total Pakai Energi Terbarukan di 2020

Facebook melakukannya untuk membantu mengatasi perubahan cuaca. Mereka telah menandatangani perjanjian untuk menggunakan lebih dari 3 gigawatt energi surya dan angin yang dibangun pada satu saluran dengan data center mereka.

Data center Facebook itu menempati lahan di kawasan Oregon, Virginia, New Meksiko di Amerika Serikat. Facebook juga membangun jaringan tenaga surya dan angin satu saluran dengan data center-nya di wilayah Swedia. (SN/FHP)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI