Era 4G, Operator India Ini Segera Migrasikan Semua Pelanggan CDMA

Telset.id, Jakarta – Bulan Mei akan menjadi momen bersejarah bagi operator telekomunikasi Reliance Communications. Pasalnya, perusahaan yang berbasis di India ini akan mulai meng-upgrade secara bertahap semua pelanggan CDMA-nya ke jaringan 4G.

Menurut sebuah sumber, seperti dilansir Gadget360, Jumat (8/4), RCom – yang nantinya akan menggunakan spektrum 800MHz yang telah diliberalisasi – telah menginformasikan rencananya itu kepada pihak berwenang, dalam hal ini Departemen Telekomunikasi. Mereka akan menggelar layanan LTE secara progresif di area layanannya mulai 4 Mei.

Pimpinan RCom, Anil Ambani yakin dapat memanfaatkan perjanjian network sharing yang telah ditandatanganinya dengan pimpinan Reliance Jio Infocomm, Mukesh Ambani untuk layanan 4G. Perusahaan akan mengerahkan jaringan 4G yang dimilikinya dan secara pra-dominan menggunakan infrastruktur Reliance Jio untuk memberikan layanan tersebut.

Sebagai gantinya, RCom akan mempertukarkan spektrum kelas CDMA di pita 800MHz di sembilan area layanan di mana Jio tidak memiliki gelombang radio. Kedua perusahaan telah menandatangani perjanjian pembagian spektrum di 17 lingkaran.

Sebelumnya, RCom telah membayar Rs. 5,383.84 crores untuk meliberalisasi spektrum di 16 lingkaran yang meliputi Delhi, Mumbai, Punjab, Himachal Pradesh, UP Timur dan Barat, Gujarat, Madhya Pradesh, Kolkata dan Bihar.

Sekedar informasi, sebuah liberalisasi spektrum memungkinkan operator telekomunikasi untuk menggunakan teknologi apapun untuk memberikan layanan mobile seperti 3G dan 4G. Selain itu, mereka akan dapat memperkenalkan teknologi baru dan berbagi serta bertukar dengan operator lain untuk penggunaan yang efisien. [IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0