Elon Musk Pastikan Tesla Tetap Jadi Perusahaan Publik

Telset.id, Jakarta –  Setelah sebelumnya berkicau di Twiter akan menjadikan Tesla sebagai perusahaan privat, , kini Elon Musk malah menyatakan untuk tetap mempertahankan Tesla sebagai perusahaan publik pada saat ini.

Bukan Elon Musk namanya jika tidak membuat sensasi. Beberapa minggu lalu Musk membuat jagat Twitter heboh dengan mengatakan akan menjadikan Tesla sebagai perusahaan privat dengan harga US$420 atau sekitar Rp 6,1 juta per saham.

Kini dengan santainya dia mengatakan kabar itu tidak benar, dan memastikan akan tetap mempertahankan Tesla sebagai perusahaan publik.

Miliarder dengan julukan “Iron Man” itu mengungkapkan kepastian tersebut dalam postingannya di blog resmi perusahaanya pada hari Jumat (24/8) lalu.

Baca juga: Bawa Tesla Go Private, Elon Musk Gandeng Goldman Sachs

Dia beralasan keputusan tetap mempertahankan status Tesla di listing bursa saham New York, Amerika Serikat (AS) ini atas masukan dari para pemangku kepentingan perusahaan seperti Silver Lake, Goldman Sachs dan Morgan Stanley.

“Berdasarkan percakapan dengan pemegang saham, dewan direksi dan perusahaan seperti Morgan Stanley, pesan yang diterima adalah ‘tolong jangan melakukan hal ini’,” ujar Musk seperti dilansir engadget.com, Sabtu (25/8/2018).

Secara terpisah, enam anggota dari dewan direksi Tesla juga memposting pernyataan mereka sendiri, yang mengkonfirmasi masalah ini ditutup. Mereka mengatakan telah membubarkan komite yang dibentuk setelah tweet Musk untuk menyelidiki upaya membuat perusahaan menjadi privat.

Dalam rangkaian tweet-nya, Musk mengatakan dia ingin membayar investor secara premium, karena yakin percakapan dengan Dana Investasi Publik Arab Saudi berarti akan kembali ke rencana semula dan menyangkal dia melakukan blunder pada saat itu.

Kendati demikian Musk nampaknya belum bisa tidur nyenyak karena  SEC masih melakukan penyelidikan, masih ada gugatan hukum yang telah diajukan oleh investor dan juga saran bahwa Musk mungkin bukan orang yang cocok untuk menjalankan perusahaan yang dibangunnya.

Dia menutup posting blog resmi dengan mengatakan “Terus maju, kami akan terus fokus pada hal yang paling penting, membangun produk yang disukai orang dan yang membuat perbedaan bagi masa depan kehidupan di Bumi,” kata dia,

Baca juga: Elon Musk akan Jadikan Tesla Perusahaan Tertutup?

“Kami telah menunjukkan bahwa kami dapat membuat produk energi berkelanjutan yang hebat dan sekarang perlu menunjukkan bahwa kami dapat terus menguntungkan. Dengan semua kemajuan yang telah dibuat pada Model 3, kami diposisikan untuk melakukan ini dan itulah yang akan dilakukan tim dan saya untuk menempatkan semua upaya,” imbuh dia.

Untuk saat ini, Elon bahkan tidak men-tweet tentang Tesla, melainkan fokus pada SpaceX dan satu jembatan yang dipasang di kompleks peluncuran di Florida untuk membantu misi awak. [WS/HBS]

Sumber: Engadget

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI