Duh, Serangan Siber Meningkat 300 Persen

Telset.id, Jakarta – Di awal 2017, masyarakat dunia dikagetkan dengan dua serangan ransomware. Tentunya, ini menandakan bahwa tingkat serangan siber mengalami peningkatan.

Hal ini semakin diperkuat oleh hasil penelitian yang dilakukan para peneliti di Microsoft. Dalam laporan bernama Security Intelligence Report (SIR) Volume 22 tersebut, mereka mengatakan bahwa serangan terhadap akun pengguna meningkat hingga mencapai 300 persen pada kuartal pertama 2017 jika dibandingkan dengan kuartal yang sama pada 2016.

Raksasa di bidang software ini menjelaskan, peningkatan peretasan akun pengguna sebesar 300 persen tersebut, sebagian besar permasalahan ditemukan akibat pemilihan password yang lemah dan mudah ditebak.

Selain itu, penyerangan penipuan bertarget dan pelanggaran yang dilakukan oleh pihak ketiga juga menjadi alasan meningkatnya peningkatan peretasan akun tersebut.

Di sisi lain, mereka juga melihat ada peningkatan sebesar 44 persen terkait percobaan peretasan akses dari alamat IP berbahaya. Tentunya, hal ini harus menjadi perhatian banyak pihak.

Oleh karena itu, masyarakat dunia di imbau untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan internet. Setidaknya, hal ini bisa dimulai dengan membuat kata kunci yang lebih kuat, sesuai dengan petunjuk yang sudah tersebar di internet. [NC/MS]

 

SourceMicrosoft

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0