Drone Kian Populer, 3 Juta Diantaranya Bakal Dikapalkan Tahun 2017

Telset.id, Jakarta – Dengan pendapatan pasar global diperkirakan meningkat 34% mencapai lebih dari USD6 miliar pada tahun 2017 dan diprediksi tumbuh menjadi lebih dari USD11.2 Miliar pada tahun 2020, hampir tiga juta drone pribadi dan komersial akan dikirimkan pada tahun 2017, demikian diungkapkan Gartner baru-baru ini.

Drone pribadi akan terus meningkat seiring dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan perangkat ini untuk mengambil foto dan selfie, disamping hiburan lainnya, lapor PCMag, Sabtu (11/2/2017).

“Pasar drone komersial dan pribadi semakin tumpang tindih, mengingat drone pribadi yang lebih murah juga banyak digunakan untuk usaha komersial,” kata Gerald Van Hoy, Senior Research Analyst di Gartner.

Pasar untuk drone komersial jauh lebih kecil, dengan harga jual rata-rata secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan drone pribadi.

Drone komersial biasanya memiliki muatan yang lebih tinggi, masa terbang yang lebih lama, sensor yang banyak serta kontroler penerbangan untuk membuat mereka lebih aman. Mereka juga lebih khusus dalam hal fungsi, seperti untuk pemetaan, pengiriman atau inspeksi industri, sehingga harganya pun bervariasi sesuai dengan persyaratan ini.

Pertanian dianggap sebagai pasar terbesar pertama untuk drone komersial, tapi harga dan dinamika ekonomi terkait hasil dan pengembalian investasi yang ketat berarti bahwa pasar drone komersial di sektor pertanian tidak tumbuh seperti halnya pasar drone komersial lain.

Gartner memprediksi bahwa sampai tahun 2020, biaya sensitivitas tinggi dari pasar pertanian akan membatasi adopsi drone hingga tujuh persen dari pertumbuhan pasar komersial. [IF]

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI