Dicari! Pengusaha Muda Kreatif Terbaik se-Indonesia

Telset.id, JakartaE-commerce, Blibli kembali menggelar The Big Start Indonesia Season 3. Ajang kompetisi ini digelar untuk mencari pengusaha muda kreatif terbaik dengan total hadiah hingga Rp 1,1 miliar.

Menurut Senior Marketing Communication & PR Manager Blibli, Lani Rahayu, The Big Start Indonesia tahun ini lebih besar ketimbang sesi sebelumnya. Sebab, ajang tersebut diadakan di 5 kota besar, yakni Bandung, Yogyakarta, Denpasar, Surabaya dan Jakarta pada 7 sampai 9 September besok.

“Saat ini The Big Start Indonesia sudah diikuti lebih dari 7.500 pendaftar dari empat kota lain. Jumlahnya akan lebih banyak setelah dimulainya roadshow Jakarta,” ujar Lani, dalam acara Media Gatherng “The Big Start Indonesia Season 3 di Jakarta, Kamis (06/09/2018).

Baca Juga: Suruh Karyawannya Main Game, Pengusaha Ini Bayar Rp 153 Ribu per Jam

“Blibli melihat Jakarta sebagai ibukota dengan potensi UMKM lebih matang ketimbang kota-kota lainnya dan ini menghadirkan persaingan lebih ketat,” jelasnya.

The Big Start Indonesia kali ini didukung oleh JNE sebagai platinum partner, kemudian BCA, Presetya Mulya Business School, XL Business Solution, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Lani berharap, gelaran ini dapat membantu pertumbuhan UMKM baru, sesuai target Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah sebesar 5 persen pada 2019 atau naik 1,56 persen pada 2014 lalu dan 3,1 persen dari jumlah penduduk pada akhir 2016.

Baca Juga: Ilham Habibie: Teknologi Startup Indonesia Masih Tertinggal

“Nantinya kami akan lakukan kurasi hingga masuk 100 besar pendaftar dan akan dikurasi lagi jadi 20 besar sebelum peserta The Big Start Indonesia Season 3 dikarantina di Jakarta. Peserta harus orang Indonesia, punya produk sendiri bukan reseller dan di-upload di Blibli dan usahanya sudah berjalan minimal setahun,” kata dia.

Lani mengklaim, saat ini 30 persen produk lokal yang dijual di Blibli berasal dari UMKM. Sehingga ajang kompetisi ini diharapkan bisa mendorong kontribusi UMKM terhadap ekonomi nasional sekaligus meningkatkan kualitas organisasi mereka supaya mampu memenangkan persaingan dengan pengusaha asing yang akan masuk dalam era perdagangan bebas.

Baca Juga: Pekerja di Negara Ini Khawatir akan Digantikan Robot

“Penting untuk mencari platform e-commerce yang memiliki misi dan visi yang sama dengan brand usaha sendiri,” pungkas Founder Monstore sekaligus Merchant Blibli, Nocholas Yudha di kesempatan yang sama. (WS/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI