Dian Siswarini Dorong Keterlibatan Perempuan dalam Pemulihan Covid-19

Telset.id, Jakarta – Dirut XL Axiata dan Co-Chair W20 Indonesia Dian Siswarini akan terlibat dalam gelaran KTT Women20 atau W20 di Indonesia yang salah satu agendanya mendorong keterlibatan perempuan dalam pemulian ekonomi dunia pasca Covid-19.

Dalam Media Update Rangkaian Kegiatan Multilateral W20 Indonesia pada Kamis (10/2/2022), Dian Siswarini ini menjelaskan kegiatan KTT W20 2022 yang akan diselenggarakan di Indonesia.

Tema acara KTT W20 Indonesia 2022 adalah Recover, Together, Equally dan salah satu topik yang dibahas adalah mendorong keterlibatan perempuan dalam pemulihan ekonomi dunia pasca Covid-19.

Baca juga: XL Axiata dan BAKTI Sediakan Layanan 4G di 132 Titik 3T di Sumatera

Menurut Dian proses pemulihan ekonomi pasca Covid-19, harus mengutamakan kesetaraan gender seperti melibatkan perempuan dalam pemulihan tersebut.

“Kesetaraan gender dijadikan pembicaraan dalam upaya pemulihan pandemi Covid-19, karena jika ingin recover stronger harus menyertakan semua pihak termasuk perempuan,” tutur Dian.

Selain mendorong keterlibatan perempuan dalam pemulihan ekonomi pasca Covid-19, Dian menambahkan kalau ada 4 isu prioritas yang akan dibawa dalam KTT W20 Indonesia.

Keempat prioritas yang dimaksud adalah diskriminasi dan kesetaraan gender, inklusi ekonomi, perempuan marjinal, dan kesehatan.

Keempat isu tersebut akan dibahas oleh peserta KTT W20 dan dilakukan dalam beragam pendekatan mulai dari mengumpulkan komitmen dari pemimpin dunia, kolaborasi dengan semua kelompok serta advokasi yang kuat.

Di tahap awal tim W20 Indonesia telah melakukan diskusi dengan para pemimpin dunia terkait isu-isu tersebut, dan mereka menyambut positif gagasan yang ditawarkan.

“Kami secara satu per satu melakukan lobi dengan pemimpin dunia, karena negara anggota memiliki konteks negara yang berbeda-beda,” tambah Dian.

Adapun puncak dari pertemuan KTT W20 Indonesia akan diselenggarakan tanggal 27 sampai 29 Juli 2022 di Danau Toba, Sumatera Utara. Dari hasil pertemuan tersebut diharapkan akan menghasilkan rekomendasi umum terkait kesetaraan gender perempuan di Dunia.

Baca juga: Google Doodle Rayakan Hari Perempuan Sedunia 2021

“Bahwa nantinya akan ada hasil kongkrit dari W20 ini adalah framework dan rekomendasi umum yang disepakati oleh negara anggota KTT W20,” jelas Dian.

Sedangkan alasan diadakannya KTT W20 di Danau Toba untuk memperkenalkan keindahan alam Danau Toba ke peserta KTT W20. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0