Diam-diam, Facebook Punya Anak Perusahaan di China

Telset.id, Jakarta – Facebook diam-diam telah membuka anak perusahaan di negeri tirai bambu, China. Namanya Lianshu Science & Technology (Hangzhou) yang didirikan pada 18 Juli 2018. Tidak tanggung-tanggung, Facebook disebut-sebut telah mengucurkan dana hingga USD 30 juta atau sekitar Rp 435,3 miliar untuk perusahaan tersebut.

Lianshu sendiri, seperti dilaporkan Daily Mail, Kamis (26/07/2018), dalam Bahasa Mandarin berarti “face” dan “book.” Seluruh saham Lianshu Science & Technology dipegang Facebook cabang Hong Kong, dengan Zhang Jinghai sebagai perwakilan hukumnya.

David Kling dan Susan Taylor terdaftar sebagai direktur Lianshu Science & Technology. Nama pertama adalah wakil presiden Facebook, sementara Taylor menduduki jabatan kepala akuntan Facebook.

Zhang memegang peran yang sama dibalik peluncuran aplikasi berbagi foto Facebook untuk China yang disebut Colorful Balloons pada tahun lalu. Namun aplikasi tersebut kurang berhasil, menandai kemunduran Facebook di China.

Sebelum mendirikan Lianshu Science & Technology, CEO Facebook, Mark Zuckerberg, telah melakukan beberapa kali kunjungan ke China. Ia bahkan dilaporkan meminta Presiden China, Xi Jinping untuk memberikan nama China untuk putrinya.

Meski telah melakukan serangkaian lobi serta mendirikan anak perusahaan, Zuckerberg tidak kuasa membuat Facebook lepas dari pemblokiran di China. Jejaring social ini tetap tidak bisa diakses oleh warga di negara tersebut.

Nantinya, informasi menyebut bahwa Lianshu Science & Technology milik Facebook bakal menjalankan operasi di bidang pengembangan jaringan informasi dan teknologi serta layanan teknologi dan konsultasi. [BA.IF]

Sumber : Daily Mail

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here