Di India, iPhone Lebih Laris Dibanding Xiaomi

Telset.id, Jakarta – Secara mengejutkan Apple berhasil memperbaiki peringkatnya di pasar smartphone India. Menurut data terbaru yang dirilis International Data Corporation (IDC) untuk Q4 2015, Apple berhasil mengungguli penjualan smartphone Xiaomi di India.

IDC mencatat, Apple kini berada diperingkat keenam, setelah berhasil menggusur Xiaomi di pasar smartphone India. Raihan ini cukup mengejutkan karena India selama ini dipandang sebagai negara dengan tingkat pendapatan rendah, sementara produk-produk Apple masuk kategori premium.

Meski Apple berhasil memperbaikin pangsa pasarnya, namun Samsung masih tetap masih menjadi yang teratas dengan menguasai 30% pangsa pasar India. Posisi kedua ditempati vendor lokal India, Micromax, yang menguasai 14,7% pasar. Data IDC ini dikumpulkan dari 30 kota di India.

Pangsa pasar smartphone India Q4 2015Menurut IDC, 30 kota ini menyumbang lebih dari 50% dari seluruh pasar smartphone untuk Q4 2015. Tidak terlalu mengherankan karena India kini menjadi pasar smartphone terbesar kedua di dunia, setelah China. Secara total, saat ini ada sekitar 220 juta pengguna smartphone aktif di India, lebih banyak dari AS.

Dari 30 kota tersebut (termasuk New Delhi dan Mumbai), 5 kota teratas menyumbang 60% dari penjualan smartphone online di India, dimana cakupan 4G lebih baik, sehingga penjualan handset 4G lebih tinggi. Vendor global seperti Samsung dan Apple memiliki lebih dari 40% market share di kota-kota teratas ini.

Meskipun India sering dilihat sebagai negara berpenghasilan rendah, namun Apple justru berhasil mengambil posisi 6 secara keseluruhan, dan memimpin segmen premium dari harga USD 300 ke atas. Untuk segmen high-end ini, Apple mengusai pangsa pasar lebih dari 42%.

Pangsa pasar smartphone India Q4 2015 grafik

Para analis mengatakan keberhasilan Apple ini adalah karena peluncuran iPhone 6s dan iPhone 6s Plus, dan juga keputusan Apple yang menurunkan harga iPhone 5s dan iPhone 6.

“Apple memimpin untuk segmen premium di 30 kota teratas, dan telah berhasil mempersempit jarak dengan pesaingnya,” kata Navkendar Singh, manager riset senior di IDC India.

Sementara itu, meskipun Xiaomi turun dari peringkat 6 ke 7, namun perusahaan asal China ini memiliki rencana besar untuk memperluas pasarnya di luar kandangnya, China. Hal itu dibuktikan dengan dirilisnya beberapa produk baru di India, seperti Redmi Note 3.

Apple dan Samsung bukan satu-satunya vendor internasional yang masuk 10 besar. Lenovo (termasuk Motorola) berhasil mengunci posisi ke-3 secara keseluruhan, dengan pangsa pasar 10,1%. Lenovo merupakan salah satu merek terkemuka di India, dengan beberapa produk ponsel yang terkenal, seperti K3 Note, Vibe P1M dan Moto G.

Menurut IDC, vendor China seperti Lenovo, dan Xiaomi yang mendapatkan pangsa pasar di India karena positioning yang baik sebagai brand yang berkualitas, dan harga yang ditawarkan juga relatif murah.[HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here