Demi Komik Digital, LINE Gandeng Naver Webtoon

Telset.id, Jakarta – LINE Corporation memperkuat lini bisnis komik digital dengan menggandeng Naver Webtoon Corporation (Naver Webtoon) untuk membentuk LINE Digital Frontier Corporation. Kerjasama ini akan memperluas layanan bisnis LINE di industri kartun alias manga, yakni LINE Manga.

Representative Director dan CEO LINE Digital Frontier Corporation​ Takeshi Idezawa mengatakan kesepakatan ini terdiri atas investasi modal dan kerjasama untuk meningkatkan layanan di bisnis komik digital LINE Manga dan LINE Comics. CEO Naver Webtoon JunKoo Kim akan ditunjuk sebagai direktur perusahaan baru ini.

“LINE Manga telah tumbuh menjadi penyedia layanan komik digital nomor 1 di Jepang dan telah memproduksi begitu banyak judul-judul populer. Kami akan terus berupaya untuk menjadi pemimpin di industri ini melalui kerjasama dan kesepakatan dengan Naver Webtoon ,” ujar Takeshi dalam keterangan tertulisnya kepada Telset.id di Jakarta, Kamis (5/7/2018).

Dia menjelaskan sejak diluncurkan pada April 2013 lalu, LINE Manga telah merilis sebanyak 250.000 judul yang berasal dari 250 penerbit. Layanan ini sudah menyediakan 600 judul komik yang bisa diakses secara gratis setiap harinya.

Secara keseluruhan, kata dia, jumlah unduhan oleh pengguna melalui layanan ini mencapai lebih dari 19 juta unduhan. Ini membuat LINE Manga menjadi penyedia layanan komik digital nomor satu di Jepang.

Baca juga: Serius Garap Fintech, LINE Rangkul QUICPay+

Seiring dengan kesepakatan bisnis antara dua perusahaan tersebut, LINE akan memperluas jangkauan layanan LINE Manga dan LINE Comics baik secara domestik maupun internasional. “

Tak hanya itu, perusahaan ini pun akan melakukan amplifikasi judul-judul original LINE, ekspansi berskala global, analisa pasar/konsumen dan peningkatan antarmuka pengguna(UI)/pengalaman pengguna (UX) dengan berbasis konten, teknologi dan sumber-sumber daya dari Naver Webtoon untuk pengembangan LINE Manga di masa yang akan datang.

“Saya yakin melalui integrasi antara LINE Manga dengan pengalaman yang telah dimiliki oleh Naver Webtoon dalam mengembangkan konten berteknologi tinggi serta konten digital baru akan memberikan angin segar untuk bisnis di industri ini,” imbuhnya.

Baca juga: LINE Jajaki Bisnis Travel Online

Ia menyebutkan bahwa ada dua tujuan yang harus mereka capai. Pertama, mendorong judul-judul LINE Manga lebih dikenal luas, tidak hanya di Jepang, tetapi juga di negara-negara lain. Kedua, dapat memberikan keuntungan dan manfaat bagi para pembuat karya tersebut. [WS/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here