CFO Memegang Peran Penting dalam Transformasi Digital

Telset.id, Jakarta – Transformasi digital bisa mempengaruhi seluruh aspek bisnis perusahaan. Saat ini, transformasi digital menjadi prioritas bagi para C-level executive termasuk para Chief Financial Officer (CFO).

Bagi CFO lain, peran mereka juga berevolusi menjadi lebih memiliki fokus strategis, menyeimbangkan tanggung jawab finansial dengan prioritas perusahaan dalam mempercepat transformasi digital. Namun tanggung jawab tambahan ini bukanlah berarti CFO harus menjadi ahli TI atau digital, mereka dapat menggunakan kecerdasan bisnis mereka dan bekerja secara kolaboratif dengan CEO dan CIO untuk mengarahkan agenda digital yang dapat memperbaiki pertumbuhan bisnis.

“Ketika teknologi digital (termasuk peranti lunak untuk menganalisa data secara langsung, penelusuran interaksi sosial media dengan klien, dan komputasi awan) mentransformasi bisnis, ini adalah waktunya bagi para CFO untuk memanfaatkan teknologi digital dan menjadikannya bagian dari fungsi finansial. Hal tersebut memberikan kesempatan bagi para CFO untuk tetap fokus pada efisiensi dan penyesuaian kebutuhan bisnis selama berlangsungnya proses transformasi fungsi finansial yang mendorong pembaharuan strategi, dan model bisnis,” ujar Ernest Vincet Hutagalung, Chief Financial Officer telkomtelstra.

Karena para CFO bersama tim memainkan peran yang kian penting sebagai “pemberi arahan” bagi bisnis mereka, maka penting tersedianya informasi berharga bagi keputusan strategis dan mengukur performa bisnis. Mereka perlu menemukan cara-cara untuk mengintegrasikan teknologi digital ke dalam fungsi finansial untuk mendukung arah bisnis dalam jangka panjang.

Teknologi digital dapat membantu CFO dan tim untuk mendapatkan masukan yang berharga dan tepat waktu bagi bisnis mereka, sebagai contoh dengan mengadopsi peranti lunak analisis, CFO dapat mengakses pasar secara langsung, data operasional dan finansial untuk memperkirakan jumlah pendapatan dan mengidentifikasi kesempatan bisnis kedepannya. Teknologi lainnya mencakup komputasi awan yang mempercepat adopsi aplikasi yang terukur, blockchain untuk memperbaiki proses transaksi, dan internet of things (IoT) untuk menyediakan data yang sarat akan analisa finansial.

Rangkaian teknologi digital ini berfungsi untuk meningkatkan efisiensi bjsnis sehingga memungkinkan CFO dan tim untuk memiliki waktu untuk pekerjaan krusial lainnya seperti pengaturan pendanaan bisnis dan optimalisasi modal kerja.

Ernest juga menambahkan “Di seluruh industri, transformasi digital menjadi prioritas. Ketika tuntutan untuk menjadi yang terdepan selalu ada, banyak organisasi mengadopsi sarana dan teknologi digital untuk memperbaiki hubungan pelanggan, membangun model bisnis baru dan mendorong efisiensi operasional. Namun, agar transformasi digital berhasil, diperlukan dukungan dari eksekutif dan peran Chief Financial Officer.” (MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI