Cakupan 4G XL di Sumatera dan Jawa Tengah Makin Luas

Telset.id, Jakarta – XL Axiata terus memperluas jangkauan layanan 4G LTE di sejumlah daerah. Setelah minggu lalu menyambangi Samarinda dan Balikpapan, kali ini XL memastikan layanan 4G sudah dapat dinikmati penggunanya di Sumatera dan Jawa Tengah (Jateng).

Mulai akhir bulan lalu, masyarakat di wilayah Lampung, Sumatera Barat, dan Jawa Tengah, dengan total 37 kota/kabupaten, bisa mengakses layanan internet cepat tersebut. Untuk wilayah Sumatera, peresmian dipusatkan di Bandar Lampung.

Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan, XL perluasan layanan 4G LTE ini sesuai dengan permintaan pelanggan. Peresmian di empat kota ini sekaligus menambah wilayah layanan 4G XL di Sumatera dan Jawa Tengah yang kaya dengan potensi ekonomi.

Secara nasional, jelas Yessie, trend akses ke layanan data digital oleh pelanggan XL memang terus meningkat di hampir semua wilayah layanan XL, termasuk di area pinggiran kota.

“Yang menarik, sekitar 40% trafik layanan Data paling dominan adalah akses ke video. Karena itu kami harus menyediakan jaringan data yang benar-benar berkualitas sehingga pelanggan merasa nyaman mengakses konten-konten berkapasitas besar,” ujarnya, dalam keterangan pers, Selasa (2/5/2017).

Yessie melanjutkan, rencana pengembangan jaringan 4G oleh XL sudah dilakukan di kota-kota yang memiliki potensi secara bisnis, serta telah memiliki kesiapan ekosistem layanan 4G.

Ia mengungkapkan, untuk wilayah Bandar Lampung dan sekitarnya 88% pelanggan mengakses layanan Data, Padang dan sekitarnya 70%, dan Purwokerto 70%. Sementara itu, ia mengklaim dalam 2 tahun terakhir terjadi peningkatan trafik layanan Data sebesar 109% di Lampung dan 28% di Padang dan sekitarnya.

“XL Axiata akan terus memperluas cakupan wilayah layanan ini sehingga kualitas layanan akan terus meningkat hingga ke area pinggiran kota dan bahkan pedesaan,” tandasnya.

Untuk 13 kota/kabupaten di wilayah Lampung sebanyak total 200 BTS 4G telah siap untuk menopang layanan Data digital kepada pelanggan. Pelanggan di Kota Bandar Lampung akan lebih dulu mendapatkan akses yang luas.

Sementara itu, di kota/kabupaten lainnya secara bertahap akan terus ditingkatkan area cakupannya. Kota-kota tersebut adalah Kab. Lampung Selatan, Pesawaran, Lampung Tengah, Lampung Timur, Kota Metro, Pringsewu, Tanggamus, Lampung Barat, Lampung Utara, Way Kanan, Mesuji, dan Tulangbawang Barat.

Sedangkan di 18 kota/kabupaten Sumatera Barat sudah tersedia total 240 BTS 4G. Kota Padang menjadi kota yang lebih dulu mendapatkan layanan di area yang lebih luas.

Sementara di Kabupaten Dharmas Raya, Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Sijunjung, Solok, Solok Selatan, Kota Padang, Kota Pariaman, Kota Sawah Lunto, Kota Solok, Kota Bukittinggi, Agam, Lima Puluh Koto, Pasaman, Pasaman Barat, Kota Padang Panjang, dan Kota Payakumbuh secara bertahap akan terus diperkuat jaringan layanan 4G.

Hingga akhir tahun 2017 nanti, di wilayah Sumatera kota-kota selanjutnya yang akan segera mendapatkan layanan 4G LTE antara lain Banda Aceh, Lhokseumawe, Sekayu, Tebing Tinggi, Deli, Pematang Siantar, Pangkalan Brandan, Sibolga, Brastagi, Dumai, Jambi, Lahat, Tanjung Balai Karimun, Lubuk Linggau, Muara Bungo, Muara Enim, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Muntok, Batu Raja, Bengkulu, Curup, Kayu Agung, dan Kota Bumi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI